PEMILIH HARUS CERDAS

Waingapu-SJ……………….Dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam kepemiluan maka kami mengajak elemen masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini. Karena kami berpikir bahwa semakin banyaknya elemen masyarakat atau organisasi kepemudaan yang terlibat memberikan perhatian kepada pemilu,  maka ini menjadi poin penting bagi pelaksanaan pemilu yang aman dan dama. Demikian kata Oktavianus Landi, ST, anggota Komisioner KPU Kabupaten Sumba Timur, Divisi SDM dan HubMas saat diwawancarai usai kegiatan Kursus Kepemiluan Pemilu 2019, di Aula KPU, Selasa, 18 Desember 2018.

Anggota Komisioner tersebut mengatakan yang terlibat dalam kursus tersebut sebanyak 50 orang yang terdiri dari latarbelakang yang berbeda.

“Yang terlibat dalam kursur ini sebanyak 50 orang yang terdiri dari latarbelakang organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, dari GMNI Waingapu, GMKI Waingapu dan masyarakat” jelasnya Okta.

Lebih jauh Okta mengakatan bahwa hal tersebut merupakan salah satu tugas KPU untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat dan organisasi kepemudaan dengan maksud ketika mereka mendapatkan pengetahuan, mereka bisa melakukan sosialisasi.

“Selain mereka pemilih cerdas, sekaligus juga mereka harus mencerdaskan pihak lain dan lingkungan sekitar sehingga menjadi pemilih yang cerdas pula” ungkapnya.

Dirinya berharap kiranya setelah mereka mendapatkan materi dan sudah mengetahui bagaimana tahapan – tahapan dalam penyelenggaraan pemilu,  mereka mau terlibat sebagai penyelenggara.

“Kami berharap mereka terlibat dalam proses penyelenggaraan pemilu, karena kami butuh SDM yang memahami substansi dari pemilu, apakah itu sebagai pemantau di tingkat TPS atau penyelenggara pemilu. Dan kami juga mengharapkan semua pihak turut terlibat aktif untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas” ungkap Okta.

Salah satu peserta, Dominggus Damu Tarapanjang yang juga anggota GMNI Waingapu, saat ditemui usai kegiatan menyampaikan terima kasih kepada KPU Sumba Timur yang telah melibatkan dirinya dalam kursus tersebut.

Baca Juga :   IJAZAH BUPATI MDT DIDUGA PALSU

“Kami berterima kasih kepada KPU Sumba Timur yang telah melibatkan kami dalam kursus tersebut. Banyak hal yang kami dapat terkait proses penyelenggaraan pemilu 2019 ini” ungkapnya.

Dirinya juga menyatakan siap bekerja sama dengan KPU Sumba Timur untuk menyukseskan pemilu 2019 agar menghasilkan pemilu yang aman dan damai. (JSW),-