Pelatihan Jurnalistik Perdana Tingkat SMA

Kawangu- SJ ……… Dalam rangka merayakan HUT RI Ke – 73 dan HUT  Komunitas Ana Tana yang Pertama yang sama-sama jatuh pada tanggal 17 Agustus, bekerja sama dengan SMAN 1 Pandawai menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Journalism and Art”. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 mulai pukul 16.00  diaula SMAN1 Pandawai menghadirkan Siswa/i SMAN 1 Pandawai sebagai peserta serta organisasi kepemudaan yang ada di Waingapu yang berjumlah kurang lebih 40 orang.

“Kegiatan ini memang ditujukan bagi Remaja sebagai penerus bangsa ini, maka anak muda hari ini harus merangkum dan mampu menulis sebagai bentuk aktualisasi dan ekspresi diri sehingga mampu mempublikasikan dan mendokumentasikan sesuatu melalui Tulisan atau karya seni lainya” tutur Dinamisator Ana Tana, Sepritus Tangaru Mahamu.

Kegiatan pelatihan yang berjalan cukup serius

Sepritus juga menegaskan bahwa Pelatihan Jurnalistik ini semoga menjadi motivasi bagi remaja dan anak muda sehingga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi orang lain, dan ini merupakan yang pertama kali terjadi dikalangan SMA namun selain jurnalistik juga ada karya seni lain yang dibahas dalam pelatihan ini yakni puisi dan artikel (Opini).

Kegiatan ini diisi oleh dua pemateri Yakni Sepritus Tangaru Mahamu (wartawan Suara Jarmas) dan Florianus Paulus Ngera, ST (Pemred Sumbapost.com) merupakan pelatihan jurnalistik perdana yang diadakan ditingkat SMA. Florianus paulus Ngera menyampaikan apresiasinya kepada komunitas Ana Tana dan SMAN 1 Pandawai yang telah melaksanakan pelatihan ini.

“Saya sangat mengapresiasi keberanian Komunitas ana Tana dan SMAN1 Pandawai untuk keluar dari zona nyaman dengan membuat pelatihan Jurnalistik dilingkungan sekolah” tutur pemateri yang kental dengan darah seni ini.

Florianus juga menambahkan kegiatan ini bagus untuk menstimulasi anak remaja terutama didunia literasi, dan menjai masukan yang baik untuk sekolah menjadi bagian dari pelajaran didalam sekolah.

Baca Juga :   MAHASISWA STKIP WEETEBULA LIVE IN DI PAROKI HATI KUDUS YESUS WEEKOMBAK

Ditempat terpisah pemred Suara Jarmas, Octav Dapa Talu yang dihubungi awak media memberi apresiasi yang luar biasa pada Komunitas Ana Tana Waingapu yang mempunyai ide cemerlang membuat kegiatan ini.

Florianus Paulus Ngera, ST Pemred Sumbapost (kanan) dan Octavianus Dapa Talu, SE Pemred Suara Jarmas

“Media yang ada di Sumba masih sangat minim, hal ini disebabkan karena rendahnya minat baca masyarakat Sumba khususnya Pemuda dan Remaja. Sehingga kegiatan ini merupakan sebuah pembelajaran yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan minat baca dan menulis bagi adik-adik kita di SMA” tuturnya.

Lebih lanjut Octav mengucapkan terima kasih pada Ana Tana yang memberi kepercayaan wartawan Suara Jarmas menjadi salah satu pambicara dalam kegiatan tersebut.

Kita berharap komunitas lain dan pemda yang ada di Sumba juga mau menyelenggarakan hal yang sama yang sudah dibuat oleh Komunitas Ana Tana karena sangat bermanfaat bagi pelajar-pelajar setingkat SMA untuk meningkatkan minat baca dan menulis mereka” tutupnya. (STM).-