PDIP SBD DAFTARKAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF 2024

Suarajarmas.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten SBD  resmi  mendaftarkan calon anggota legislatif 2024  di  KPU Jumat (12/5/2023) di Desa Poma Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur.

Rombongan DPC PDIP dipimpin oleh Sekretaris DPC, Yosep Malo Lende beserta tim sekretariat, para calon anggota legislatif,  pengurus DPC, PAC dan  Ranting dari 5 dapil menyerahkan berkas calon legislatif.

Rombongan diterima langsung oleh tim verifikasi KPU SBD disaksikan oleh Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat   dan Humas (HP2H) Bawaslu SBD, Dominggus Nani, SH., Komisioner KPU Devisi Teknis Penyelenggaraan, Hyronimus Malelak, ST., dan rombongan PDIP SBD serta awak media.

Dipantau oleh media ini, DPC PDIP SBD menyerahkan seluruh berkas 35 orang calon legislatif untuk 5 dapil dan dinyatakan lengkap oleh KPU, sehingga secara resmi berkas diterima oleh KPU yang selanjutkan akan diverifikasi.

Komisioner KPU Devisi Teknis Penyelenggaraan, Hyronimus Malelak, ST., yang ditemui media ini mengatakan hingga saat ini Jumat (12/5) siang, KPU SBD sudah menerima 4 Partai yang menyerahkan berkas calon legislatifnya. PDIP merupakan partai ke-4 setelah Parti Hanura, PKS, Partai Nasdem.

Hyronimus Malelak menjelaskan, KPU menerima pemasukan berkas bakal calon anggota legislatif sejak tanggal 1 Mei hingga 14 Mei 2023. PKS memasukan berkasnya pada tanggal 8 Mei, diikuti Hanura tanggal 10 Mei dan Nasdem tanggal 11 Mei.

“Hari ini PDIP merupakan partai ke-4 yang masukan berkasnya, kemudiannya nanti akan diikuti oleh PAN dan Perindo” kata Ronny.

Hyronimus Malelak menambahkan jumlah partai yang mengikuti  Pemilu 2024 di Kabupaten SBD ada 18 partai, yang diharapkan membangun koordinasi dengan KPU untuk mengisi berkas pencalonan di aplikasi SILON, KPU siap membantu jika menemui kendala dalam inputan aplikasi dan pemberesan berkas.

Baca Juga :   Relawan GUNTUR Dideklarasikan di NTT

“Parpol sebaiknya menyiapkan diri dan berkoordinasi dengan KPU agar berkas pencalonannya sungguh-sungguh siap baru didaftarkan. Kami berharap pimpinan parpol, admin SILON atau LO (penghubung) agar tidak datang pada hari terakhir, karena waktu sudah sangat mepet walaupun hari terkahir sampai dengan pukul 23.59 untuk menghindari hal-hal teknis” jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kordiv HP2H Bawaslu SBD, Dominggus Nani, SH., hingga hari ini Jumat (12/5) pukul 11.45 baru 4 partai yang menyerahkan berkasnya ke KPU SBD. Hasil pemantauan Bawaslu partai-partai ini sudah memenuhi syarat dari segi kelengkapan berkas.

Dominggus Nani menambahkan partai yang memenuhi syarat kelengkapan berkas akan dilanjutkan dengan verifikasi adminsitrasi oleh KPU dari tanggal 15 Mei hingga 23 Juni 2023. Dalam masa verifikasi ini partai dapat melakukan perbaikan berkas apabila ditemukan ada yang belum lengkap.

“Kami selaku pengawas akan mengawal verifikasi administrasi berkas tersebut. Disitu akan kita lihat keabsahan syarat-syarat calon. Proses hari ini memeriksa kelengkapannya saja” tuturnya.

Lebih lanjut Dominggus Nani mengharapkan agar parpol yang belum menyerahkan berkasnya agar sesegera mungkin menyerahkan berkasnya mengingat waktu sudah mepet sisa 2 hari lagi, sehingga tidak terjadi penumpukan di hari terkahir.

“Hasil pantauan dan pengawasan kami SBD siap meyelengarakan Pemilu 2024, KPU dan Bawaslu sudah bekerja optimal untuk melaksanakan Pemilu  2024 mendatang. Yang kita harapkan sekarang partisipasi dari semua pihak termasuk masyarakat. Misalnya data pemilih peran,  semua pihak sangat diharapkan masukannya untuk menghasilkan data yang riil’ harapnya.

Dominggus juga menghimbau seluruh masyarakat dan kerjasama semua pihak untuk menyukseskan Pemliu 2024, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi berjalan dengan baik, aman, tentram demi kemajuan daerah SBD secara khusus.

Baca Juga :   D’Dama Salurkan Bantuan Motivasi di Paroki Kalembu Weri

Sementara itu Sekretaris DPC PDIP Yosep Malo Lende yang ditemui media ini usai berkas PDIP diterima secara KPU mengharapakan seluruh caleg PDIP bergandengan tangan dari DPC, PAC dan Ranting untuk turun ke bawah  melakukan konsolidasi, menyampaikan visi misi partai pada masyarakat untuk membangun SBD melalui keputusan-keputusan politik.

“Target PDIP saat ini setiap dapil 2 kursi, sehingga total 10 kursi  untuk 5 dapil. Untuk Pilpres kita menargetkan kabupaten SBD memenangkan Ganjar Pranowo 90%” punkasnya.

Usai berkas calon legislatif DPIP diterima oleh KPU, rombongan DPC PDIP kembali ke sekretariat PDIP, berdoa bersama mengucapkan syukur dan terima kasih pada Yang Maha Kuasa dan langsung membubarkan diri kembali ke PAC masing-masing. *** (Octa/002-23).-