PARPOL & MASYARAKAT AGAR TURUT MENGAMANKAN PEMILUKADA 2018

Waikabubak_SJ,…. Bertempat di halaman Polres Sumba Barat Jumat, 5 Januari 2018 pagi digelar Apel  Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Turangga 2018 Polres Sumba Barat yang promotif (Profesional, Modern, Terpercaya) yang dihadiri oleh Pimpinan Daerah 3 Kabupaten, DPRD tiga Kabupaten dan Tengah, Dandim 1613 Sumba Barat, Kejari Sumba Barat, KPU tiga Kabupaten, Panwaslu di tiga kabupaten, Pimpinan partai politik serta tokoh masyarakat tiga kabupaten (Sumba Barat, Sumba Tengah dan SBD). 

Penandatanganan 10 kesepakatan pemilu damai
Penandatanganan 10 kesepakatan pemilu damai

Kapolres Sumba Barat AKBP Mohamad Erwin sebagai pimpinan upacara mengecek kesiapan komponen dan perlengkapan peralatan kemanan polri sebelum diterjunkan ke lapangan sehingga diharapkan semua perencanan bisa berjalan optimal dalam rangka menyukseskan pengamanan pelaksanan Pemilu Kada tahun 2018.
Dalam amanah yang disampaikan oleh Kapolres  bahwa kehidupan demokrasi di Indoensia telah memberikan ruang dan gagasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan. Pemilu merupakan sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimid dengan kedaulatan rakyat sehingga pemerintah dan pimpinan yang lahir dari hasil pemilu merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan Rakyat

Pemusnahan senjata tajam yang berhasil disita
Pemusnahan senjata tajam yang berhasil disita

Kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sumba Barat memiliki kerawanan yang memerlukan perhatian serius kita semua

walaupun tidak ada tempat yang rawan bagi kita semua apabila kita mengatakan rawan, kita pemerintah kalah dengan kejahatan dimana ditandai dengan meningkatnya jumlah kasus gangguan kamtibmas, tahun 2018 sebanyak 926 kasus dibandingkan kasus yang terjadi di tahun 2016 sebanyak 860 kasus naik menjadi 66 kasus 7,67% serta konflik sengketa Pemilukada 2013 diwilayah Sumba Barat Daya yang masih menyisahkan polemikungkap Erwin.
Lebih lanjut dalam pidatonya Kapolres Erwin mengatakan agar semua tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu, dan menghambat pelaksanaan pemilukada tahun 2018 maka dari itu kita bersama–sama bahu membahu mengamankan pesta demokrasi pemilu kada tahun 2018 diwilayah hukum polres Sumba Barat akan berjalan dengan aman dan damai. Bagi potensi kerawanan tersebut dapat terjadi di setiap tahap pemilukada berupa pelanggaran tindakan pidana pemilu, termasuk tindakan pidana umum yang harus dapat dikelolah dan dapat ditangani oleh Polisi dan Polri secara profesional dan akuntabel, terkait tindak pidana pemilu Polri bekerja sama dengan Kejaksaan dan Bawaslu.
Dalam implementasi akan dilaksanakan fungsi-fungsi kepolisian di lapangan dalam bentuk satuan tugas tingkat pusat, tingkat daerah dan tingkat polres yang melibatkan 1.478 personil Polres Sumba Barat, dan BKO Polda NTT, dan BKO Brimob Mabes Polri dengan bantuan kekuatan personil TNI dan seluruh stakeholder untuk mengamankan sebanyak 332.854 pemilih sementara yang tersebar di 1.026 TPS sementara.
Kapolres juga memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan pemilukada dengan sebaik-baiknya dengan berupaya memujudkan kamtibmas yang kondusif agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta Pemilukada Tahun 2018 serat menjamin masyarakat agar dapat menggunakan hak pilih sesuai hati nuraninya.
Kapolres Sumba Barat juga sampaikan beberapa pesan dianataranya adalah yang pertama siapkan mental dan fisik yang dilandasi oleh pengetahuan moral dan disiplin kerja yang tinggi dengan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri, sebagai sosok penolong, sahabat dan pelayanan masyarakat serta penegak hukum, yang jujur benar, adil, transparan dan akuntabel. Kedua petakan setiap kerawanan setiap tahapan pemilu serta melakukan inspeksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelejen yang didukung oleh babinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang dimasyarakat sehingga permasalahan yang berpotensi menggangu penyelenggaran pemilu dapat diantisipasi sedini mungkin. Ketiga siapkan secara maksimal disetiap satuan sehingga pengamanan pemilukada tahun 2018 benar-benar bisa dilaksanakan secara optimal. Keempat memperkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI dan segenap komponen masyarakat. Kelima segenap anggota Polri komitmen netralitas serta tidak terlibat dalam politik praktis dalam penyelenggaraan Pemilukada tahun 2018 yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Keenam tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen pemilukada tahun 2018. Ketujuh lakukan tindakan hukum terhadap pelanggaran pemilukada, kedelapan siapkan pengamanan pemilu yang emergensi, kesembilan lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat.
Sebelum mengakiri amanatnya Kapolres Erwin juga menghimbau agar pertama meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua senantiasa menjunjung tingi Pancasila dan Undang Dasar 1945 sebagai dasar pedoman hidup kita, ketiga melaksanan pengamanan sesuai porsi dan tanggung jawabnya yang masing-masing sesuai dengan ketentuan yang berlaku, keempat untuk PartaI Politik dan masyarakat agar turut kedalam proses pengamanan pelaksanan pemilukada agar berjalan dengan aman dan damai, kelima diakhiri agar menanda tangani deklarasi damai dengan menyatakan siap menang dan siap mendukung proses jalannya Pemilukada yang damai.
Secara terpisah setelah apel siaga, ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Yosep Malo Lende menyampaikan bahwa gebrakan ini kita butuh komitmen menjamin perasaan dari warga untuk menentukan pilihan tanpa diimingi dan tanpa diberi  hadiah atau apapun.
Lanjut Yosep dengan ada komitmen damai bersama ini kepastian hukum bagi pemilih itu ada, tidak perlu takut menentukan pilihan tanpa ada intervensi dari pihak lain atau dari pihak manapun, secara pengurus partai kami sangat mendukung ide-ide kami dalam forum-forum tertentu.
mari kita menyuarakan ini  kami sudah lakukan komitmen damai bersama, sebagai ketua DPC PDIP SBD, menjamin rasa aman bagi warga terutama di jajaran pengurus partai dari tingat DPC, Kecamatan, Desa, Dusun bahkan sampai ke tingkat RT/RW, pasti ada sosialisasi dari partai mengumpulkan semua kader partainya untuk membantu mensosialisasikan tentang sudah adanya komitmen damai, dan seluruh kader partai agar menyampaikan kepada warga untuk tidak terprovokasi atau memprovokasi orang laintutupnya. (AH) ,– 

Baca Juga :   TEMU KADER GMKI TAMBOLAKA DENGAN SENIOR