PAKET KONTAK SAH SEBAGAI PEMENANG PILKADA SBD

Tambolaka – SJ…………….. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Barat Daya (SBD) gelar rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang dihadiri oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati SBD, partai politik atau gabungan partai politik dan PANWASLU di kantor KPU SBD, Senin (13/8/2018).

Paket KONTAK pasangan dr. Kornelius Kodi Mete dan Marthen Christian Taka, S.Ip sah sebagai pemenang dalam Pilkada SBD 2018

Pada rapat pleno tersebut KPU SBD menetapkan Pasangan Calon nomor urut 3, dr. Kornelius Kodi Mete sebagai Bupati dan Marthen Cristian Taka, S.Ip sebagai wakil bupati SBD terpilih tahun 2018. Keputusan tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) serta berita acara  oleh ketua KPUD Mikael Bulu, SH kepada Bupati Terpilih, dr. Kornelis Kodi Mete.

Ketua KPU SBD Mikael Bulu, SH menyampaikan bahwa penetapan ini mengacu pada Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2018 serta sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan suara dari setiap kecamatan di tingkat kabupaten dimana perolehan suara masing-masing adalah Nomor urut 1 pasangan Markus Dairo Talu, SH dan Gerson Tanggu Dendo, SH memperoleh 64.670 suara. Pasangan nomor urut dua Dominggus Dama, S.ST, MT dan Kornelis Tanggu Bore, SH  memperoleh 11.660 suara  serta pasangan nomor urut tiga dr.Kornelius Kodi Mete dan Marthen Cristian Taka, S.Ip memperoleh 67.766 suara. Dengan begitu maka pasangan nomor urut 3 dr.Kornelius Kodi Mete dan Marthen Cristian Taka, S.Ip dinyatakan sah sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBD periode 2019-2023 dengan perolehan suara terbanyak yaitu 67.766 atau 47,03%.

Paket KONTAK berpose bersama Komisioner KPUD SBD

Usai menyerahkan dokumen berupa Surat Keputusan (SK) dan Berita Acara Penetapan, Mikael Bulu, SH menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing untuk menyukseskan kegiatan penyelengaraan pemilu di kabupaten SBD.

Baca Juga :   PADMA INDONESIA DUKUNG BAWASLU RI

“Atas nama lembaga kami ucapkan kepada pemerintah kabupaten,  pimpinan TNI dan Polri, serta seluruh masyarakat SBD yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini sehingga proses penyelenggaraan pemilu ini bisa berjalan lancar, tertib dan aman” ungkapnya.

Selain itu Ketua KPU juga menghimbau kepada pasangan calon terpilih untuk memelihara kemenangan ini dan kepada seluruh masyarakat agar kembali pada aktifitas masing-masing serta segala perbedaan pada masa demokrasi agar ditanggalkan.

“Apa yang terjadi hari ini adalah sebuah kewajiban bagi KPU untuk melayani masyarakat, sehingga bagi pasangan calon terpilih yang hari ini ditetapkan oleh KPU adalah kemenangan rakyat SBD oleh karena itu titipan kami sebagai penyelenggara pemilu agar peliharalah kemenangan ini untuk membangun loda wee maringi pada wee malala. Bagi seluruh masyarakat SBD proses yang terjadi hari ini adalah proses politik sehingga mulai hari ini dan seterusnya kita kembali kepada aktifitas kita masing-masing. Segala perbedaan pendapat, perbedaan pilihan yang terjadi pada masa demokrasi sejenak kita tanggalkan untuk kemudian bersatu membangun kabupaten tercinta ini” pesanya.

Terakhir ia juga memohon maaf jika memang selama proses pelaksanaan Pemilu masih ada kekurangan dan kesalahaan. Itu merupakan bahan pembelajaran dan pembenahan dimasa yang akan datang.

“Tak lupa kami juga mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama proses ini masih banyak kekurangan serta hal-hal yang tidak berkenan. karena kami hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari khilaf dan salah sehingga ini juga mejadi pembenahan di masa yang akan datang” tutupnya. (JNL)-

Leave a Reply

Your email address will not be published.