Makna Ritual Kendi yang Dilakukan Jokowi dan 33 Gubernur di Titik Nol IKN Nusantara

Tambolaka-SJ…………  Presiden Jokowi (Joko Widodo) akan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada besok, Senin, 14 Maret 2022.

Sebanyak 33 Gubernur diundang untuk berkemah bersama Jokowi di titik nol IKN. Namun, hanya 5 Gubernur yang akan menginap di titik nol IKN, di antaranya, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sejumlah fasilitas seperti tenda, MCK, jaringan telekomunikasi, listrik, dan air telah disiapkan untuk menunjang agenda tersebut.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, HM Syafranuddin mengatakan bahwa sebelum berkemah, Jokowi akan melakukan Ritual Kendi Nusantara.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin (14 Maret 2022). Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu (13 Maret 2022), atau satu hari sebelum kegiatan,” ujar Syafranuddin sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Minggu (13/3/22).

Dia menuturkan, para Gubernur yang hadir telah diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal. Air dan tanah tersebut kemudian akan disatukan dalam Kendi Nusantara untuk disimpan di titik nol IKN. Selain itu, Gubernur yang hadir diwajibkan memakai pakaian adat dari provinsi masing-masing.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor akan membawa tanah dan air dari dua daerah yakni Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser. Air dan tanah dari dua lokasi tersebut menjadi simbol yang mewakili kesultanan di wilayah Kalimantan Timur.

Ritual memasukkan air dan tanah ke dalam kendi rupanya memiliki nilai filosofis. Menurut filosofi Jawa, kendi dimaknai sebagai wadah atau sumber kehidupan, dilambangkan air di dalamnya sebagai sumber kehidupan manusia dan seluruh alam.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Terima Delegasi Persatuan Emirat Arab

Kendi juga sering digunakan dalam ritual adat Jawa seperti prosesi kenduri adang uduk menjelang dilaksanakannya pernikahan. Harapan dan doa terselip di dalamnya agar dapat membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.*** (Red/001-22),-