KPU Sumba Tengah Mengikuti Rapat Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 Secara Daring Bersama KPU RI

Waibakul-SJ……….. Bertepatan dengan Perayaan Valentine Day (Hari Kasih Sayang),  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Tengah melaksanakan Rapat Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu serentak Tahun 2024, yakni Pilpres/Pileg dan Pilkada 2024  yang berlangsung di aula KPU Sumba Tengah Pada Hari Senin, 14 Februari 2022.

Kegiatan rapat secara daring dihari oleh  Wakil Bupati Ir. Daniel Landa, Ketua DPRD Sumba Tengah, Sekretaris Daerah, Kapolres Sumba Barat, Dandim 1613 Sumba Barat, Kepala Pengadilan Negeri Waikabubak, Kepala Kejaksaan Negeri Waikabubak, Ketua Banwaslu Sumba Tengah, Pimpinan Partai politik se-Kabupaten Sumba Tengah, Ketua KPU Sumba Tengah dan anggota Komisioner serta staf KPU.

KPU Sumba tengah mengikuti rapat secara daring bersama KPU RI bersama jajaran Instansi pemerintahan serta partai politik dan dengan menindaklanjuti Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 108/PL.01-SD/01/2022, Tentang Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Dalam kata sambutan oleh Ketua KPU Sumba Tenga Ibu Lucia N. M Piranyawa  ST, bahwa KPU RI dan Komisi II RI sudah menetapkan jadwal Pemilu pada tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

“Penyelenggaraan pemungutan suara Pemilu serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota, serta anggota DPD RI dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024,” kata Ketua KPU Lucia M Piranyawa.

Lanjut Lucia, sedangkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dilaksanakan pada Rabu, 27 November Tahun 2024. Berdasarkan pasal 167 ayat 6 UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa penyelenggaraan pemilu dilaksanakan 20 bulan dari hari pengumutan suara, dari 20 bulan itu terhitung dari tanggal 14 Februari 2024 ditarik mundur KPU mulai melaksanakan kegiatan mulai tanggal 14 Juni 2022 memulai tahapan sampi proses pemilu berlangsung pada 14 Februari 2024.

Baca Juga :   Masyarakat Pertanyakan Pernyataan PETAHANA Yang Tidak Ingin Bangun Kantor Bupati

“KPU juga melaksanakan beberapa tahapan yang dipersiapkan oleh KPU yaitu terkait pemilu dan pemilihan nantinya” tambahnya.

Pihaknya juga mengharapkan kepada pimpinan partai politik agar mempersiapkan diri dan terus berkoordinasi pada pihak KPU.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa menambahkan bahwa pelaksanaan pemilihan,  pemerintah akan mendukung penuh kepada pihak KPU Kabupaten agar pemilihan yang akan datang berjalan dengan lancar.

“Pada hari ini telah berlangsung kegiatan daring bersama KPU RI tentang persiapan pemilihan dan bagi partai politik adalah tangga awal untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pesta demokrasi yang akan datang” tutupnya. *** (Yunia/004-22),-