KPU SBD GELAR RAKOR VERIFIKASI KEPENGURUSAN DAN KEANGGOTAAN PARPOL

Tambolaka-SJ……. KPU Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Verifikasi Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Pemilu tahun 2024 di aula hotel Sinar Tambolaka Desa Kalena Wanno Kecamatan Kota Tambolaka Kabupaten SBD Nusa Tenggara Timur, Jumat (7/10/2022).

Hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tersebut, Bawaslu SBD, Polres SBD, Kodim 1629/SBD, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil SBD, para camat, pimpinan partai politik dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rakor, Ketua KPU SBD, Mikael Bulu, SH., kegiatan verifikasi faktual ini merupakan lanjutan dari tugas KPU setelah melakukan verifikasi administrasi bagi partai politik peserta Pemilu 2024.

“Tentunya verifikasi faktual ini ditujukan bagi partai politik baru dan parpol yang belum lolos secara nasional. Jadi partai lama tidak ikut verifikasi faktual lagi” ungkap Mikael Bulu.

Lebih lanjut Ketua KPU minta agar Parpol yang akan di verifikasi agar menyiaot semua persyaratan dan menunggu pelaksanaan verifikasi di kantor masing-masing.

Dalam kesempatan itu Mikael Bulu menyampaikan terima kasih atas kehadiran para undangan dan mengharapkan dukungannya dari pihak kecamatan, Dispenduk dan TNI Polri.

Sebelumnya Ketua panitia pelaksana, Efraim Novrihansi Gadi, S. Si., dalam laporannya mengatakan sesuai putusan MK Nomor 55/PUU-XVII/2020 bahwa partai politik yang tidak lolos, tidak memenuhi ketentuan Parliamentary Threshold, partai politik yang hanya memiliki keterwakilan di tingkat DPRD Provinsi/Kabupaten/kota dan parpol yang tidak memiliki kursi, diharuskan dilakukan verifikasi secara administrasi dan secara faktual.

“Tahapan verifikasi faktual merupakan langkah akhir bagi partai politik khususnya yang tidak memenuhi Parliamentary Threshold untuk dapat lolos menjadi partai politik calon peserta Pemilu” kata Efraim.

Dirinya juga minta agar partai politik mempersiapkan diri dalam verifikasi faktual yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober 2022 sampai 4 ! November 2022.

Baca Juga :   DANDIM 1629/SBD BUKA KEGIATAN PEMBINAAN SAKA WIRA KARTIKA

Hingga berita ini diturunkan, rapat koordinasi masih berlangsung dan adanya dialog antara KPU dan para peserta guna memastikan terlaksananya verifikasi faktual secara baik dan lancar. *** (Octa/002-22).