KPU SBD GELAR NONTON BARENG PELUNCURAN TAHAPAN PEMILU 2024

Tambolaka-SJ………. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) menggelar nonton bareng acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 secara daring yang diselenggarakan oleh KPU RI, Selasa (14/6/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.IP., Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten SBD, Kasat Intel Polres SBD, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten SBD dan Para Pimpinan Partai Politik se Kabupaten SBD.

Acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 merujuk pada Pasal 167 ayat 6 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang menyatakan bahwa Tahapan Penyelenggaraan Pemilu dimulai paling lambat 20 (dua puluh) bulan sebelum hari pemungutan suara. Berdasarkan penghitungan itu, dengan jadwal Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024 yang telah ditetapkan yaitu 14 Februari 2024, maka Tahapan Penyelenggaraan Pemilu paling lambat dimulai hari Selasa,14 juni 2022.

Pantauan media ini, satu jam sebelum acara dimulai, didahului dengan Sosialisasi dan diskusi PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 oleh Ketua KPU Kabupaten Sumba Barat Daya Mikael Bulu, SH dan anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Hyronymus Malelak, ST.

Pada pukul 20:00 Wita Acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 dimulai, dalam sambutannya Ketua KPU RI,  Hasyim Asy’ari menekankan salah satu ciri demokrasi adalah dilaksanakannya pemilu secara reguler dan reguleritas Pemilu di Indonesia dilaksanakan dalam 5 (lima) tahun sekali dan merupakan amanat konstitusi.

Hasyim juga menyatakan bahwa Pemilu adalah arena “konflik” yang dianggap sah dan legal untuk meraih atau mempertahankan kekuasaan, dan karena kita beragam/plural, Pemilu dilaksanakan dengan melandaskan Bhineka Tunggal Ika.

Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 ditandai dengan menekan tombol sirene oleh Ketua dan Anggota KPU RI, Ketua DPR RI, Menteri Dalam Negeri dan Sekretaris Jenderal KPU RI. Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPD, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/kota. *** (Efraim N. Gadi, S.Si-Kasubbag Teknis Penyelenggaran Pemilu, Partisipasi dan Hubmas KPU SBD).-

Baca Juga :   Paket DAMAI Memukau Dalam Debat Kandidat