KPU GOES TO CAMPUS

Waingapu-SJ…………….Upaya menciptakan pemilu 2019 yang demokratis tidak terlepas dari peranan institusi perguruan tinggi sebagai lembaga yang memiliki sumber daya manusia yang potensial dan handal dalam menciptkan ruang demokrasi yang aman dan damai. Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Hukum Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba mengadakan sosialisasi Pemilu serentak 2019, di Aula Universitas Kristen Wira Wacana Sumba. Rabu, 23 Januari 2019, yang diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi, para dosen dan staf unkriswina Sumba.

Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Sosial Dr. Yulita Milia Pakereng, SE.MM saat membuka kegiatan

Narasumber dalam sosialisasi tersebut diantaranya ketua KPU Sumba Timur, Ir. Robert Gana, M.Si, anggota komisioner, Divisi SDM dan Hupmas, Oktavianus Landi, ST dan akademisi Unkriswina Sumba Pajaru Lombu, SH, MH. Proses materi di moderatori oleh Fransiskus Saverius Nurdin, Apg, MH.

Ketua KPU Sumba Timur, Ir. Robert Gana, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat perlu bagi  mahasiswa atau kaum terdidik membicarakan dan membuat tentang hal yang baik dan tidak boleh diam.

“ketika orang baik atau terdidik tidak membicarakan hal baik atau tidak berbuat apa-apa dan hanya diam saja, maka disitulah orang-orang jahat merayakan kemenangannya. Inilah waktu mereka di seleksi supaya orang-orang baik yang akan terpilih. Ini juga merupakan bentuk kepedulian mahasiswa” ungkap ketua KPU Sumba Timur.

Ketua KPU Sumba Timur, Ir. Robert Gana, M.Si saat memberikan sambutan

Lebih lanjut Robert Gana menjeleskan bahwa partai politik yang ikut sebagai peserta pemilu di Sumba timur sebanyak 14 partai politik dengan jumlah calon legislatifnya sebanyak 378 orang. Dari 378 orang caleg akan memperebutkan 30 kursi di DPRD Kabupaten Sumba Timur. Untuk dapil 1 memperebutkan 8 kursi, dapil 2 memperebutkan 7 kursi, dapil 3 memperebutkan 7 kursi dan dapil 4 memperebutkan 8 kursi.

Baca Juga :   Spanduknya di Bakar, Ini Kata Melki Laka Lena

Robert Gana juga mengharapkan kepada mahasiswa dan mahasiswi unkriswina untuk ikut partisipasi dalam menyukseskan pemilu 2019.

“Dengan jumlah TPS di Sumba Timur sebanyak 720 dan di setiap TPS di butuhkan anggota KPPS sebanyak 7 orang. Maka akan ada 5.180 orang yang menjadi anggota KPPS nantinya. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan partisipasi mahasiswa dalam menyukseskan pemilu 2019, sehingga demokrasi yang kita harapkan bisa berjalan dengan aman dan damai” harapnya.

Dr. Yulita Milla Pakereng, SE. MM Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Unkriswina Sumba dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KPU Sumba Timur yang telah bersedia melakukan sosialisasi di Unkriswina Sumba.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KPU Sumba Timur yang bersedia melakukan sosialisasi di Unkriswina Sumba. Memang kami sangat membutuhkan pencerahan terkait pemilu serentak di 2019 ini, karena dengan kesibukan kami dengan urusan perkuliahan maka mengenai urusan politik sedikit kami abaikan. Tentu dengan adanya sosialisasi ini kami sangat berterima kasih kepada KPU Sumba” ungkap Yulita.

Dirinya berharap agar pihak KPU dan Bawaslu Sumba Timur agar melibatkan Unkriswina Sumba dalam penyelenggaraan pemilu maupun sebagai pemantau pemilu 2019.

“Mencipkatan pemilu 2019 yang aman dan damai tentu menjadi harapan kita bersama. Tetapi kami berharap agar pihak KPU Sumba Timur dan Bawaslu Sumba Timur melibatkan kami sebagai penyelenggara pemilu maupun sebagai pemantau” harapnya. (JSW).