KPU DAN GMNI BERGANDENGAN TANGAN SUKSES PEMILU 2019

Waingapu-SJ……………..Terciptanya sebuah perubahan tidak terlepas dari peranan anak muda. Bagaimana tidak dari sejarah perjuangan anak muda sudah merubah tatanan bangsa ketika mengaca pada sejarah pergerakan kaum muda dari tahun 1928 yang melahirkan Sumpah Pemuda, tahun 1945 kontribusi anak muda dalam memerdekakan bangsa Indonesia serta sampai pada tahun 1998 anak muda mampu menumbangkan rezim orde baru.

Dari latarbelakang itulah, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Waingapu melakukan kerja sama dengan KPU kabupaten Sumba Timur melaksanakan seminar dengan tema Peran Strategis Kaum Muda dalam Menyongsong Pemilu 2019, di Aula Kecamatan Kambera, Selesa, 19 Desember 2018 yang diikuti puluhan pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan serta pengurus kemahasiswaan se-Sumba Timur.

Narasumber dalam seminar ini adalah anggota Komisioner KPU Sumba Timur, Oktavianus Landi, ST, Hina Mehang Patalu, SE anggota komisioner Bawaslu, dan ketua GMNI Waingapu Elvensias Umbu M. Awang, yang dimodetori Eben Tanga Tuang, Wakil Bidang Penerbitan dan Pers, DPC GMNI Waingapu.

Elvensias Umbu. M. Awang, selaku ketua DPC GMNI Waingapu dalam sambutannya mengatakan tugas dan tanggangjawab dalam menyukseskan pemilu 2019 tidak saja di limpahkan sepenuhnya kepada penyelenggara tetapi sebagai anak muda mempunyai tanggungjawab dalam menyukseskan pemilu.

“Sebagai kaum muda, kita juga mempunyai tanggungjawab dalam mengawal demokrasi. Tidak saja kita limpahkan kepada KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara, tetapi kita juga harus turut andil sehingga menghasilkan demokrasi yang adil, makmur serta kondusif” tutur Elvensias.

Lanjut ketua DPC GMNI, menjadi mimpi kita bersama, untuk menghasilkan pemilu yang damai, karena dengan pesta demokrasi yang sehat sehingga melahirkan pemimpin yang sesuai dengan hati nurani kita semua.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Sumba Timur dan KPU Sumba Timur yang telah bekerja sama serta organisasi kepemudaan yang telah terlibat dalam seminar tersebut.

Baca Juga :   Rakyat Adalah Koalisi Kemenangan SN-KT Di Pilkada Malaka 2020

Anggota Komisioner KPU Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Landi, ST dalam menyampaikan materi menjelaskan tahapan-tahapan kerja KPU sampai pada proses pemilihan serta perhitungan suara dan bentuk surat suara pada pemilihan 2019 nanti.

“Salah satu yang harus di sosialisasikan kepada masyarakat mengenai bentuk dan warna surat suara supaya masyarakat tidak salah memilih. Untuk DPRD Kabupaten/kota warna hijau, DPRD Provinsi warna biru, DPR-RI warna kuning, DPD-RI warna merah dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden” jelasnya.

Okta juga mengharapkan kepada peserta untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak ragu-ragu dalam memilih atau datang ke TPS.

Hal sedana juga di sampaikan oleh Hina Mehang Patalu, SE agar peserta yang hadir dapat mentranferkan pengetahuan yang didapatkan dalam seminar.

“Jangan kasih tinggalkan kami berjalan sendiri, kami sangat mengharapkan bantuan teman-teman untuk membantu kami sebagai tim penyelenggara agar tidak ada kesalahan maupun kecurangan dalam menghadapi pemilu 2019” tutur Anggota Komisioner Bawaslu Sumba Timur.

Pantauan media, perjalanan materi sangat kondusif dan peserta seminar cukup antusias dalam mengikuti seminar tersebut. (JSW),-