Kisruh Golkar Sumba Timur ANTARA GBY ATAU KETUA BARU

Ketua DPD I Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena (kedua dari kiri) di acara Partai Golkar di Sumba beberapa waktu lalu

Kupang-SJ………….. Ketua DPD I  Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena memberikan penjelasan terkait pencopotan ketua DPD II Golkar Sumba Timur, Gidion Mbiliyora. Menurut Melki pencopotan itu memiliki dasar yang kuat secara organisatoris yang berlaku bagi siapa saja yang menjadi kader partai Golkar.

“Kasus Golkar Sumba Timur merupakan pembelajaran bagi para politisi agar mengedepankan prinsip-prinsip berorganisasi. Pencopotan jabatan ketua itu karena ada pelanggaran aturan organisasi. Bukan karena ada masalah pribadi,” kata Laka Lena dihadapan puluhan wartawan di kediaman pribadinya, Jumat, 11/01/19.

Laka Lena menjelaskan pemberhentian Gidion dari jabatan ketua Golkar Sumba Timur karena sejumlah pelanggaran organisatoris. Ia mengatakan pemberhentian itu berdasarkan peraturan organisasi Golkar nomor 15 tentang pelanggaran disiplin organisasi.

“Itu kami lakukan sesuai peraturan organisasi Partai Golkar nomor 15 tentang pelanggaran disiplin organisasi,” katanya.

Sebelum mengeluarkan surat pencopotan, Laka lena mengatakan pihaknya sudah berulang kali melayangkan surat ke Gidion. Namun dari seluruh usaha yang dilakukan oleh DPD I Golkar tak ada satu pun yang diindahkan oleh Gidion beserta jajarannya.

Laka lena mengatakan dalam beberapa rapat konsilidasi yang mengharuskan seluruh para Ketua DPD II se NTT, Sumba Timur selalu absen. Bahkan kerap kali tidak ada konfirmasi yang jelas atas ketidakhadiran tersebut.

“Bagi saya yang terpenting itu adalah disiplin dan prinsip partai harus ditegakan. Itu yang harus saya jaga,” kata Melki.

Dalam aturan partai Golkar diberikan waktu hingga 30 hari setelah SK pemberhentian keluar sampai pada yang bersangkutan memberi klarifikasi atau membuktikan untuk kembali tunduk pada aturan dan prinsip organisai yang ada.

Baca Juga :   Lolos Verifikasi Berkas, Paket Niga-Oris Optimis Lewati Semua Proses Pilkada Sumba Barat

“Diberi waktu 30 hari. Bisa saja Pak Gidion tetap menjabat atau ada ketua baru,” katanya lagi.

Ia menjelaskan lebih lanjut, Plt Ketua DPD II Golkar Sumba Timur, Libby Sinlaloe dan Plt Sekretaris , Frouke Rebo akan berangkat ke Waingapu (Sabtu, 12/01/19) untuk melakukan rapat koordinasi. Dalam rapat tersebut akan hadir seluruh fungsionaris Golkar Sumba Timur, Dewan Pertimbangan, senior-senior Golkar, Fraksi Golkar DPRD Sumba Timur serta Gidion Mbiliyora. (Team SJ),-