Khasiat dan Manfaat Daun Kelor

Roberta Kartini, S.Km (tengah) saat memberikan penjelasan dengan simulasi dalam menjelaskan khasiat dan manfaat kelor untuk gizi keluarga

Tambolaka-SJ………………… Di Indonesia bagian timur, seperti wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, manfaat daun kelor dijadikan sayuran, dijual dalam bentuk untingan-untingan sebagaimana sayuran hijau pada umumnya. Banyak sekali dijajakan di pasar karena memang laris dan jadi bahan makanan pokok sehari-hari. Demikian diungkapkan oleh Roberta Kartini, S.Km dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT saat membawakan materinya dalam kegiatan Sosialisasi Pengolahan Kelor Untuk Gizi Keluarga, di aula Rumah Budaya Sumba Barat Daya (SBD), Rabu 23/10/2019.

Lebih lanjut Tini sapaan akrabnya menjelaskan selain untuk sayuran, riwayat manfaat daun kelor juga terlacak dalam kultur budaya mistis masyarakat Indonesia. Konon katanya, daun merungga ini bisa digunakan untuk menangkal sihir hitam, seperti santet. Orang yang memakai susuk di tubuhnya pun pantangan jalan melewati pohon kelor karena susuknya nanti bisa lepas. Sedangkan batang kayu kelor diyakini ampuh untuk membunuh ular berbisa.

Koba Lende, Kasie Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan SBD saat memberikan arahan dalam kegiatan sosialisasi kelor untuk gizi keluarga

“Manfaat daun kelor sangat melimpah untuk tubuh, seperti bisa mengobati diabetes, tekanan darah tinggi, stroke dan gangguan jantung. Ini tak lepas dari kandungan gizinya yang memang di atas rata-rata daun herbal lainnya. Uniknya, justru kelor menjadi lebih tinggi jumlah konsentrasi kimianya saat dalam kondisi kering seperti dibuat serbuk atau tepung moringa” tuturnya.

Secara terperinci Tini menjelaskan khasiat dan manfaat daun kelor yaitu dapat  menyembuhkan diabetes, mengobati kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengandung semua asam Amino Essensia, menjadi antioksidan yang menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan tulang, membantu penyerapan enzim makanan, membuat badan lebih berstamina, mengatasi penyakit gout/asam urat.

Baca Juga :   PENDAMPINGAN AKSI KONVERGENSI KABUPATEN SBD
Instruktur saat memberikan penjelasan saat peserta mencicipi masakan khas daun kelor

Selain itu dapat menguatkan otot, membuat jantung jadi kuat, membantu kerja hati, mencegah kerusakan ginjal, menurunkan trigliserida, membuat paru-paru jadi sehat, mengobati brokhitis, mengatasi pneumonia, mencegah kanker paru-paru, menyembuhkan TBC, mengatasi anemia, mencegah hemophilia, menyembuhkan tifus, menguatkan antibody, menghilangkan biang keringat, mencegah trombositopenia, memutihkan kulit, mencegah sariawan, meregenerasi sel-sel, meningkatkan kecerdasan otak, membuat anak jadi aktif bergerak, mencegah Alzheimer, mengatasi penuaan dini, mencerahkan wajah, menjadi antibiotik alami, menyembuhkan batuk, mengatasi radang tenggorokan dan melembabkan kulit.

Lebih lanjut Tini memberiakn tips untuk mendapatkan manfaat daun kelor terbaik, pilihlah yang daunnya masih muda-muda, selain teksturnya yang lembut saat dimasak, daun muda juga mengandung gizi lebih banyak. Selain itu, membuat pohon kelor selalu muda dan tumbuh tinggi juga butuh campur tangan manusia. Dengan sering memotong batang pohon kelor, niscaya pohon ini menjadi lebih subur dan bisa dipanen tiap hari.

Instruktur menjelaskan cara membuat menu dari kelor dan tips untuk memasak yang baik

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasi Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten SBD, Koba Lende tentang khasiat dan manfaat daun kelor yang sangat banyak dan bermanfaat untuk kesehatan manusia.

“Sesuai dengan program 7 Jembatan Emas Pemda SBD sekarang ini yang salah satunya adalah desa sehat, maka kami sangat gencar untuk melakukan sosialisasi di desa serta mendorong agar masyarakat menggunakan pekarangan rumahnya dengan menanam pohon kelor karena sangat bermanfaat bagi peningkatan gizi keluarga” tuturnya pada media.

Pantauan media kegiatan sosialisasi pengolahan kelor untuk gizi keluarga ini mendapat respon yang sangat tinggi dengan aktif melakukan Tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami. (OC$).***