SATGAS COVID/SBD GENCAR LAKUKAN RAPID TEST ANTIGEN

Tambolaka-SJ……. Dalam rangka upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Satuan Tugas (Satgas) COVID/SBD gencar melakukan Rapid Antigen terhadap masyarakat serta lembaga-lembaga terkait untuk mengetahui secara dini kasus terkonfrimasi dan klaster penyebarannya.

Pada hari Selasa pagi (19/10/21) Tim satgas COVID/SBD melakukan pemeriksan rapid Test Antigen bagi seluruh karyawan Koperasi Kredit (Kopdit ) Pintu Air cabang Weetebula kelurahan Weetebula, Kecamatan Kota Tambolaka, kabupaten Sumba Barat Daya-NTT.

Ketua Posko Satgas COVID/SBD, Jenga Mathias, Amd.Kep., yang ditemui media ini mengatakan sasaran Rapid Test Antigen yang dilakukan oleg tim Satgas,  semua lembaga BUMN, OPD, Swasta, Rumah Makan, Café, Resto, Pertokoan serta Lembaga Pendidikan. Ini semua dilakukan untuk memastikan kasus terkonfrimasi dan pencegahan secara dini, sehingga tidak menimbulkan klaster penularan kasus terkonfrimasi yang baru.

“Untuk minggu ini sasarannya lembaga keuangan yaitu Perbankan dan Koperasi. Nanti minggu depan kita akan Rapid Test Antigen untuk pengelola Rumah Makan, Warung, Kafe dan Resto, minggu berikut pertokoan dan seterus kita akan buatkan jadwalnya, ungkap Jenga Mathias.

Lebih lanjut Mathias mengatakan angka kasus positif COVID di SBD turun sigfinikan. Hanya yang masih rendah Vaksinasi. Untuk saat ini yang melakukan isolasi terpusat 1 orang di Hotel Sinar Tambolaka, 3 orang di Puskesmas Kori.

“Kalau masuk rumah sakit lama isolasinya 14 hari dengan gejala, kalau di hotel 10 hari tanpa gejala,”  tuturnya lebih lanjut.

Sementara itu, Ns. Hana Wiwik Sudarwati, S.Kep.,  yang melakukan pemerikasaan Rapid Test Antigen kepada karyawan Kopdit Pintu Air mengatakan sesuai hasil pemeriksaan 15 orang karyawan Pintu Air hasilnya negatif semua.

Ketua Komite Kopdit Pintu Air Cabangn Weetabula, Anselmus Tana (kiri) saat bincang-bincang dengan Ketua Satgas COVID/SBD, Jenga Mathias

Pantuan Media pemeriksaan Rapid Test Antigen tersebut dikawal ketat oleh TNI-POLRI dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setelah melakukan Rapid Test Antigen Satgas juga melakukan  penyemprotan  disinfektan ruang kantor Kopdit Pintu Air dan sekitarnya. *** (EBuga/010-21),-

Baca Juga :   HADIRI PENGUKUHAN KADIN SBD, BUPATI MINTA PATUHI PROKES