KETUA SATGAS BERNARDUS BULU TEGASKAN SBD MASIH NEGATIF COVID-19

Ketua Tim Satgas COvid-19 SBD, Bernardus Bulu, SH saat ditemui awak media di posko Galatama Tambolaka SBD

Tambolaka-SJ…… Ketua Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Bernardus Bulu, SH tegaskan kabupaten SBD masih negative covid-19  saat ditemui awak media usai memimpin rapat evaluasi penanganan covid-19 bersama camat dan  kepala desa yang memiliki wilayah adminsitrasi disepanjang pesisir pantai dan wilayah perbatasan Sumba Barat dengan SBD Selasa (28/4/20) pagi.

Menanggapi polemik yang terjadi di masyarakat, tentang adanya 2 orang yang positif rapid test, dirinya menjelaskan bahwa tidak berarti 2 orang tersebut sudah yang positif covid-19 di SBD. Positif corona itu berarti dia sudah melalui screening secara medis yang bisa dipertanggung jawabkan dan melalui hasil pemeriksaan laboratorium (swab) dari  Surabaya Jawa Timur. Sedangkan yang lain itu khan masih ada klasifikasi hasil screening medis, ada yang OAR, ada yang ODP, setingkat lebih dari itu ada yang masuk dalam kategori PDP.

“Khusus untuk SBD sampai dengan kondisi hari ini, kita masih negatif covid-19, masih nol, belum ada pasien yang positif corona. ODP yach, OAR yach, tetapi upaya-upaya pencegahan dari tim terus kita upayakan” ungkapnya.  

Lebih lanjut Bernardus Bulu menghimbau bagi masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan dan anjuran-anjuran Pemerintah, agar mematuhi protokol kesehatan. Kita terus upayakan pengendalian,  tim komunikasi resiko terus melakukan sosialisasi.

Kata ketua tim satgas covid-19 SBD ini,    kita juga sudah putuskan supaya seluruh media yang ada yang diaktifkan. Dengan kendaraan yang sudah dipasang toa, kita lakukan sosialisasi sampai ke kampung-kampung, masuk ke daerah-daerah pasar tradisional, bahkan dititik-titik ada perkumpulan orang banyak (lebih dari 10 orang) tim datang memberi pemahaman kepada mereka, memang ada juga langkah-langkah tegas yang dilakukan seperti penertiban lalu lintas.

Baca Juga :   HADIRI PENGUKUHAN KADIN SBD, BUPATI MINTA PATUHI PROKES

“Masyarakat jangan panik, mari kita patuh pada sosial distancing dan physical distancing untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19” pungkasnya.*****

Liputan: Octav Dapa Talu,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.