Kesbangpol SBD Gelar Pembinaan Ormas Dan LSM

Kadula – SJ…………. Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melakukan pembinaan kepada seluruh LSM, Yayasan dan  Ormas se- kabupaten yang dipusatkan di kantor Kesbangpol Kamis, (27/09/2019). Kegiatan ini sendiri dibuka dengan resmi oleh Sekretaris Daerah  SBD, Drs. A. Umbu Zaza, M.Sc.

Sekretaris Daerah Drs. A. Umbu Zaza, M.Sc dalam penyampaian pidato bupati mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang sangat bermakna dalam mengambil peran, tugas dan tanggung jawab dalam mendorong pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai titik pijak untuk menggapai harapan pembangunan daerah.

“Bagi saya kegiatan ini merupakan momentum yang sangat strategis bagi segenap komponen pemangku kepentingan terutama bagi setiap Ormas, LSM dan Yayasan yang ada agar memiliki pemahaman yang sama untuk memantapkan semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa  dalam rangka menciptakan dan memelihara iklim yang kondusif serta menuntut keikutsertaan secara aktif seluruh lapisan masyarakat demi mewujudkan visi pemerintah SBD yang sejahtera, mandiri dan aman” ucapnya.

Selain itu Setda juga mengharapkan peran Ormas, LSM dan Yayasan ikut berperan dalam pelaksanaan pembangunan  serta saling menjalin komunikasi dalam rangka mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada sehingga dapat terwujudnya tujuan tentang tata kelola pemerintahan yang baik.

“Selanjutnya saya juga mengharapkan kepada seluruh Ormas, LSM  dan Yayasan yang ada di kabupaten ini adalah mitra pemerintah, sehingga mari kita semua terus berupaya memahami berbagai sisi dan dimensi pembangunan yang melingkupi daerah kita mulai dari kendala atau hambatan dan tantangan terhadap potensi gangguan dan ancaman terhadap peluang dan prospeknya serta dapat mencarikan solusi pemecahanya”imbuhnya.

Kepala Badan Kesbangpol Drs. Dominggus Bulla M.Si menjelaskan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi sekaligus memberikan arahan guna meningkatkan kinerja Ormas maupun LSM yang merupakan mitra dalam mendukung program kerja pemerintah dalam membangun kabupaten SBD.

Baca Juga :   DANIEL AMA DOLO FIGUR YANG PROFESIONAL, BERANI & BERMORAL

“Selama ini masih banyak Ormas dan LSM yang belum terdata dan terdaftar  maupun melaporkan keberadaanya ke pemerintah daerah sehingga menyulitkan dalam pembinaan dan pemberdayaan Ormas maupun LSM. Selain itu masih banyak Ormas dan LSM yang belum memahami Peraturan Perundang-undangan tentang ormas, masih ditemukanya motif dan tujuan pendirian Ormas dan LSM yang tidak sesuai dengan AD/ART dan adanya penyalahguaan fungsi dan peran Ormas maupun LSM oleh berbagai pihak  utuk tujuan tertentu,  sehingga kami memberikan pembinaan terhadap Ormas maupun LSM sehingga nantinya bisa terlaksana kegiatan Ormas dan LSM yang konstruktif mengutamakan kepentingan nasional dan taat Undang-undang” ujar kepala kesbangpol menjelaskan.

Sementara itu lewat materinya Kapolsek Loura Kompol I Ketut Mastiana, S.Sos menyampaikan fungsi dan peran POLRI yang mana kepolisisan adalah salah satu fungsi pemerintahan di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada  masyarakat serta terbinanya ketentraman masyarakat.  Disamping itu  kapolsek juga menghimbau kepada Ormas dan LSM yang ada di  kabupaten SBD kiranya bisa  bekerja sama dengan pemerintahan yang ada.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Ormas dan LSM yang ada di kabupaten ini tetap pada arah tujuan dan visi misinya. Harus jelas ormasnya, ada kantor dan pengurusnya,serta harus ada Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) tiap semester maupun akhir tahun harus ada pelaporan di badan KESBANGPOL” ujar kapolsek menegaskan. (JNL),-