Kerahkan Ratusan Personel, Kapolres Sumba Barat Amankan Jalannya Ritual Adat Poddu di Kampung Tarung

Waikabubak-SJ………… Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., mengerahkan ratusan personel gabungan dalam pengamanan acara puncak Ritual Adat Poddu yang diselenggarakan di Kampung Tarung, Kelurahan Sobawawi, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Selasa (30/11/21).

Acara adat Poddu merupakan sebuah acara ritual masyarakat Sumba Barat yang menganut aliran Kepercayaan Marapu. Acara tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya, siang ini merupakan acara puncak yang dilaksanakan sejak pukul 13.00 – 20.00 wita. Acara Wula Poddu diakhiri dengan “Kalangngo”.

Diungkapkan Kapolres, sejak awal mulai acara hingga usai semua berjalan aman, lancar dan tertib, berkat kesigapan dan kesungguhan petugas. 

“Berkat kesungguhan kita dalam melaksanakan tugas pengamanan, acara puncak poddu dapat berjalan aman, lancar dan tertib” ungkap Kapolres.

Pada apel konsolidasi usai pelaksanaan Kapolres mengingatkan agar seluruh personel Polres Sumba Barat tetap waspada dan tetap memantau perkembangan situasi usai pesta adat Poddu tersebut.

Ditekankan kepada Unit Raimas agar melakukan patroli dan monitoring wilayah guna memastikan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Kepada Unit Raimas agar laksanakan patroli pasca acara Poddu malam ini. Pastikan situasi kamtibmas tetap kondusif, monitor wilayah-wilayah rawan dan jam rawan akan terjadinya tindak kriminalitas” tegas AKBP FX Irwan.

AKBP Irwan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel dan juga semua pihak yang terlibat  dalam pengamanan pesta adat poddu ini, sehingga rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar. *** (Yunia/004-21),-.

Baca Juga :   REVITALISASI ADAT KEMATIAN SUMBA TIMUR DINILAI TERLALU BOROS