JUMAT CURHAT, KAPOLSEK KARERA KUNJUNGI PANWASLU

Suarajarmas.com, WaingapuMenjelang pesta demokrasi tahun 2024 mendatang,  menjadi perhatian yang ramai diperbincangkan di berbagai kalangan masyarakat dan media masa. Suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 menjadi perhatian semua pihak baik penyeenggara maupun partai politik. Pihak Kepolisian yang menjadi ujung tombak keamanan pemilu tersebut turut ambil bagian dalam mengawal persiapan pelaksanaan hingga pelaksanaannya nanti.

Guna membangun kerjasama dan koordinasi dengan Panwaslu, Kapolsek Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur melakukan kunjungan dalamkegiatan Jumat Curhat di kantor Panwaslu Karera   desa Nggongi Kecamatan Karera Sumba Timur, Jumat (20/1/2023).

Kapolsek Karera,  AKP. Gusti Ngurah Bambang Ariawan S.AP.,  mengatakan merasa bertanggung jawab menjaga keamanan dan penertiban serta mengambil sikap untuk tetap tertib mengawal berjalannya pemilu yang kondusif dan bermartabat sesuai porsinya dalam produk undang-undang pemilu.

AKP. Gusti Ngurah Bambang Ariawan S.AP dengan tegas menyampaikan pernyataan sikap lewat media, saya  Kapolsek Kecamatan Karera bersinergi dengan Panitia Pengawas Pemilu kecamatan Karera dalam mengawasi berjalannya Pemilu 2024 mendatang demi menjaga hak asasi rakyat yang dituangkan melalui asensi demokrasi untuk menentukan nasib bangsa dan negara tiap 5 tahun.

Lebih lanjut Bambang Ariawan mengatakan, kami perlu menyampaikan bahwa kunjungan Polsek hari ini untuk berdiskusi dalam kegiatan Jumat Curhat dari kepolisian, tentu banyak hal persoalan yang kita perbincangkan masalah sosial yang seringkali terjadi,  namun fokus kami hari ini karena sudah terbentuk Panwaslu Kecamatan sebagai lembaga resmi pengawas pemilu di tingkat kecamatan, kami mengangkat thema diskusi kita hari ini tentang potensi pelanggaran di wilayah kecamatan Karera.

“Menjelang 2 tahun saya bertugas sebagai Kapolsek di kecamatan Karera, saya mengenal karakteristik wilayah dan watak masyarakat Karera, dalam diskusi ini,  kita carikan solusi strategi pengawasan potensi pelanggaran pemilu” ungkapnya.

Baca Juga :   Bupati Ngada Roadshow di Sumba

Berbicara tentang pengawas pemilu,  pihak kepolisian juga mengambil sikap dalam pengawasan bersama lembaga pengawas pemilu, keterlibatan kami terhimpun dalam satu organisasi Gakumdu (Sentrta Penegakan Hukum Terpadu) untuk terlibat aktif menjagaka ketertiban masyarakat maupun netralitas Aparatur Desa, ASN dan TNI-POLRI.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Karera, Elvis Kaharngundjumbani, kami mengapresiasi kunjungan Kapolsek kecamatan Karera yang juga berwewenang mengemban tugas dan tanggung jawab mengawasi pemilu ditahun 2024 mendatang.

“Diskusi yang dibangun hari ini sudah banyak hal yang kami ambil hikmahnya, ada pemahaman baru yang bertambah serta stragegi pengawasan yang kita bangun bersama untuk menciptakan pemilu yang tertib dan kondusif” ujarnya.

Harapan Panwaslu tangkat kecamatan Karera,  tetap mengikat jalinan kerjasama yang berkelanjutan dalam pengawasan serta merancang strategi yang kongktrit dalam upaya pencegahan dan pengawasan diwilayah kecamatan Karera.

“Misi yang kami bangun sebagai Pengawas Pemilu di kecamatan Karera menggalang kekuatan bersama TNI-POLRI membangun diskusi dan kerjasama dengan tokoh masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi mengawasi pemilu”  pungkas Ngunjumbani. *** (Dennis/006-23).-