HUT PRAMUKA KE-58 SBD, SIAP SEDIA MEMBANGUN NKRI

Ketua Panitia Penyelenggara Maria Anjelina Edo (tengah) didampingi pembina SDM Mata Frir Geli (kiri) dan Rafael Ra Mone Pembina SMKN 1 KOdi Utara (kedua dari kanan)

Tambolaka-SJ……………….. Dalam rangka merayakan HUT Pramuka yang ke 58, Pramuka cabang Sumba Barat Daya (SBD) menyelenggarakan apel bersama di lapangan SMAK St. Alfonsus Weetebula Rabu, 14 Agustus 2019 yang diikuti oleh Penjabat Sekda SBD Fransiskus Adi Lalo selaku inspektur upacara, Ketua Kwarcab SBD, Bernardus Bulu, Sekretaris Kwarcab SBD Marsel Kalimanda dan seluruh Pembina dan anggota Pramuka se-SBD.

Sebelumnya anggota pramuka yang sudah berkemah sejak Senin, 12 Agustus yang lalu dari seluruh kecamatan di SBD tampak meriah dan bersemangat merayakan HUT Pramuka yang ke 58 sekaligus menyongsong HUT RI yang ke-74.

Bupati MDT dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekda Adi Lalo mengatakan memperingati hari lahir sebuah organisasi merupakan momentum yang membahagiakan bagi setiap anggota Parmuka apalagi dibarengi dengan penyelenggaraan perkemahan selama 3 hari.

Penjabat Sekda SBD, Fransiskus Adi Lalo saat memimpin upacara HUT Pramuka ke 58

Momentum peringatan HUT yang 58 ini, kiranya memberi semangat baru bagi anggota Pramuka untuk menjadi generasi milenial yang handal, generasi yang tahan uji, generasi yang siap berkompetisi dan menjadi pemenang.

Bupati MDT juga mengharapkan agar anggota Pramuka menjadi panutan dalam tindakan dan kata-kata hingga anggota Pramuka menjadi contoh terbaik dalam penguasaan diri terhadap berbagai hal-hal negatif.

“Salah satu cara untuk melatih dan mencapai itu adalah melalui perkemahan, kiranya tidak saja melatih fisik tetapi juga melatih sikap menjadi lebih baik, mempersiapkan anggota Pramuka untuk lebih setia kawan, toleran, berbudi luhur dan sedert kebaikan yang harus menjadi praktek kehidupan sehari-hari” ungkap Bupati MDT.

Baca Juga :   UNITRI MALANG KEMBALI TEKEN MOU DENGAN PEMDA MANGGARAI TIMUR

Lebih lanjut MDT mengatakan gerakan Pramuka adalah wadah untuk melaksanakan kegiatan yang menarik dan menggembirakan bagi anak-anak yang mengandung unsur edukatif, yang bersifat mendidik dibawah bimbingan orang dewasa, sebagai pamong/Pembina Pramuka, yang juga bertindak untuk mengasuh, memlihara dan merawat.

Ketua penyelenggara perkemahan Pramuka Maria Anjelina Edo, S.Ag kepada media  mengatakan kegiatan perkemahan ini merupakan kegiatan rutin  tahunan yang diselenggarakan sekaligus melaksanakan perayaan HUT Pramuka setiap tanggal 14 Agustus.

“Kegiatan perkemahan ini diselenggarakan untuk lebih mempererat peserta sekaligus meningkatkan pemahamannya tentang 4 pilar kebangsaan, bahwa mereka adalah bahagian dari NKRI, Bhineka Tunggal Ika serta  mengamalkan Pancasila dan UUD 1945” ungkapnya.

Lebih lanjut Maria  mengatakan kegiatan perkemahan ini bisa terselenggara karena adanya swadaya dari pengurus, pembina dan anggota Pramuka se-SBD. Dirinya juga berharap kedepan untuk mendukung kegiatan Pramuka agar adanya campur tangan dari Pemerintah sehingga kegiatannya lebih semarak dan lebih baik.

Hal senada juga disampaikan oleh pembina Pramuka dari SDM Mata Weetebula Frit M.M. Geli, S.Pd   bahwa kegiatan Gerakan Pramuka SBD yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini untuk menghimpun gugus-gugus depan dalam kegembiraan merayakan HUT Pramuka yang ke-58 ini.

“Saya sangat senang  karena kegiatan ini  merupakan  salah satu bentuk generasi muda khususnya Pramuka untuk berhimpun, berkumpul bersama dan bergembira.   Bahwa ditempat inilah kita membentuk karakter-karakter generasi muda harapan bangsa yang cinta akan keutuhan NKRI ” ungkapnya.

Frit Geli juga mengungkapkan kegembiraannya karena adanya perkembangan yang siginifikan dari tahun ke tahun untuk Pramuka SBD,  khususnya gugus depan yang telah dikukuhkan dan bergabung dalam perkemahan kali ini. Melalui perkemahan ini bisa diwujudkan bagi para gugus depan pengetahuan tentang 4 pilar kebangsaan sebagai wujud mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :   Chris Taka Lantik Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Lingkup SBD

“Untuk gugus depan yang terlibat dalam kegiatan perkemahan kali ini agar mengikuti kegiatan dengan baik dan hal-hal yang positif dibawa pulang untuk diterapkan di gugus-gugus depan Pramuka SBD dan untuk para Pembina yang terlibat dalam perkemahan ini agar terus menindaklanjutinya dengan membina para gugus depan,  karena jujur saja ada Pembina yang sudah mengajarkan setelah kembali ke sekolah masing-masing tetapi ada juga yang tidak melanjutkannya setelah kembali. Padahal ini sangat penting sesuai program pemerintah terkait 4 pilar kebangsaan” tuturnya penuh harap.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rafael Ra Mone, S.Ag Pembina Pramuka dari SMKN 1 Kodi Utara yang mengharapkan dengan HUT Pramuka yang ke 58 ini dapat menjadi peristiwa penting untuk menjaga keutuhan NKRI dan membangun NKRI.

“Pramuka yang umumnya diikuti oleh kaum muda mulai dari SD hingga SLTA agar menjadi contoh dan teladan dalam praktek kehidupannya di masyarakat dan kami siap membangun NKRI” tutupnya.  (Octa),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.