Hasil Piala Dunia 2022 – Jerman Hanya Lolos 54 Menit, Der Panzer Gagal Masuk 16 Besar Karena Kurang Produktif

Timnas Jerman melakoni matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022 melawan timnas Kosta Rika di Stadion Al Bayt, Kamis (1/12/2022) waktu setempat atau Jumat dini hari WIB. Timnas Jerman mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 70 persen.

Jalannya Pertandingan

Timnas Jerman langsung tancap gas sejak menit awal babak pertama dan menciptakan peluang di menit ke-2. Tendangan kaki kanan Jamal Musiala dari luar kotak penalti mengancam gawang Kosta Rika, namun Keylor Navas berhasil menahannya dengan baik.

Tujuh menit berselang, Thomas Mueller mendapat peluang emas di depan gawang Kosta Rika usai menerima umpan silang dari Joshua Kimmich. Tetapi, sundulan Mueller di depan gawang Kosta Rika masih melebar di sisi kiri gawang Keylor Navas.

Pada menit ke-10, timnas Jerman akhirnya mampu mencetak gol lewat sundulan Serge Gnabry. Memanfaatkan umpan silang David Raum, Gnabry melepaskan sundulan dari dalam kotak penalti yang mengarah sisi kiri gawang Keylor Navas.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Jerman atas Kosta Rika di babak pertama. Tak puas dengan satu gol, Der Panser mencoba mencetak gol kedua di menit ke-15. Namun, sundulan Leon Goretzka dari dalam kotak penalti usai menerima umpan silang Kimmich masih dengan sigap ditepis Navas.

Jerman nyaris kebobolan pada menit ke-43 saat Antonio Ruediger dan David Raum melakukan blunder fatal di pertahanan mereka. Full-back Kosta Rika, Keysher Fuller, berhasil memanfaatkan kesalahan dua bek Jerman itu dan melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Namun, tembakan Fuller masih bisa ditepis dengan baik oleh Manuel Neuer.

Peluang ini sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Kosta Rika Jerman. Di babak kedua, timnas Jerman terus berusaha menambah pundi-pundi gol melawan Kosta Rika. Guna menambah daya gedor di babak kedua, Hansi Flick memutuskan memasukkan Niclas Fuellkrug di menit ke-55.

Baca Juga :   Fakta Menarik Seputar Piala Dunia 2022

Keputusan itu diambil Flick setelah pada laga lain, timnas Jepang berhasil menang 2-1 atas timnas Spanyol pada menit ke-54. Dengan situasi tersebut, timnas Jerman terancam tidak lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022.

Kondisi itu diperparah dengan gol Kosta Rika pada menit ke-58 lewat aksi Yetslin Tejeda. Berawal dari rebound dari sundulan Kendall Waston, Tejeda kemudian melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Sepakan Tejeda tak mampu dihalau Manuel Neuer dan membuat kedudukan berubah menjadi 1-1. Jerman langsung mencoba membalas di menit ke-61 lewat sepakan kaki kiri Jamal Musiala dari dalam kotak penalti, namun bola masih membentur tiang gawang Kosta Rika.

Enam menit berselang, Musiala kembali gagal memaksimalkan peluang emas Jerman setelah sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti hanya membentur tiang gawang Keylor Navas. Keasyikan menyerang membuat Jerman terlena dan membuat gawangnya kembali kebobolan pada menit ke-70.

Berawal dari tendangan bebas Joel Campbell, Juan Vargas berhasil membuat Manuel Neuer mencetak gol bunuh diri usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Jerman. Bola yang sempat membentur kaki Neuer malah membentur badan Juan Vargas dan kembali menyentuh Neuer sebelum masuk ke gawang Der Panzer.

Jerman berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah sepakan kaki kanan Kai Havertz dari dalam kotak penalti berhasil ditepis gawang Keylor Navas. Kai Havertz kembali mencetak gol untuk timnas Jerman pada menit ke-85 setelah memanfaatkan umpan silang dari Gnabry.

Havertz hanya perlu melakukan tap-in dengan kaki kirinya untuk membuat Jerman unggul 3-2. Jerman menambah keunggulan mereka pada menit ke-89 melalui gol Niclas Fuellkrug melalui tap-in kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun, gol Fuellkrug belum mampu membawa Jerman lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga :   SBD GELAR OPEN TURNAMEN PACUAN KUDA BUPATI CUP TAHUN 2022