Hadapi Pemilu 2024, KPU Sumba Barat Gelar Rakor Verifikasi Vaktual Kepengurusan Parpol

Waikabubak-SJ………… Dalam rangka menghadapi pemilu tahun 2024 mendatang Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sumba Barat menggelar rakor pelaksanaan verifikasi administrasi perbaikan dan verifikasi vaktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024 mendatang Jumat, (7/10/2022)di Gedung Alfa Omega Waikabubak.

Ketua KPU Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br.Bangun,SE  dalam sambutanya mrnyampaikan bahwa KPU Kabupaten Sumba Barat dan KPU kabupaten seluruh indonesia sedang melaksanakan verifikasi administrasi perbaikan terhadap partai politik yang mendaftar ke KPU,ada 24 partai politik yang diterima pendaftaran oleh KPU sedangkan untuk kabupaten Sumba Barat ada 23 partai politik pada saat verifikasi administrasi dalam verifikasi perbaikan administrasi perbaikan KPU menerima 19 partai politik yang  sedangkan untuk 4 partai politik yang tidak memperbaiki dokumen administrasi awal.

Sri Demu juga menyampaikan verifikasi administrasi perbaikan ini merupakan salah satu penentu untuk masuk ke verifikasi vaktual, syarat untuk menjadi peserta pemilu adalah 100% di seluruh provinsi dan 75 %di kabupaten/kota,pemilu 2024 ini berbeda dengan tahun sebelumnya KPU Kabupaten tidak semua dokumen diserahkan ke kpu tapi dokumen semua tersistim dalam Sipol.

Sri juga meminta dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Sumba Barat, camat,kepala desa, KPU akan melaksanakan verifikasi vaktual ke desa-desa, KPU juga meminta dukungan dari setiap kepala desa agar pelaksanaan verifikasi vaktual dapat berjalan sesuai dengan harapan. KPU juga sangat mengharapkan koordinasi agar verifikasi vaktual administrasi dapat berjalan.

Sri juga berharap melalui rapat koordinasi pelaksanaan verifikasi administrasi perbaikan dan verifikasi vaktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta pemilu 2024.

“Mari kita bergandengan tangan, bersinergi bersama-sama untuk menyukseskan pemilu 2024, rencana jangka pendek KPU berharap di Sumba Barat kita ziro sengketa, KPU akan selalu bangun koordinasi bersama semua pihak,”ungkap Sri.

Baca Juga :   4-5 JANUARI 2019 BAWASLU AKAN TERTIBKAN APK

Sementara itu anggota KPU Sumba Barat Alexander Talo Popo, S.Kom, MM.,  menyampaikan alur tahapan pendaftaran,verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu,pastikan kehadiran pengurus partai politik tingkat kabupaten/kota,pastikan kepemilikan dokumen KTA dan KTP elektrik atau KK,keterwakilan perempuan 30%pada susunan pengurus partai politik tingkat kabupaten/kota, SK status kantor, SK domisili, SK kepengurusan.

Alex juga mengatakan bahwa partai politik harus mempersiapkan anggotanya saat melakukan verifikasi vaktual keanggotaan dan memastikan anggota partai politik yang dinyatakan MS pada verifikasi administrasi dan verifikasi perbaikan memiliki KTA dan KTP elektrik.

“Serta memastikan anggota partai politik berada ditempat selama masa proses verifikasi vaktual,” kata  Alex menjelaskan. *** (Nia/004-22).-