Dandim 1613/SB Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Untuk Tanam Pohon Kelor

Waikabubak-SJ……….. Melalui program pemberdayaan kelor maka Kodim 1613/Sumba Barat sudah mengambil langkah-langkah nyata sebagai tindak lanjut di lapangan. Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, diawali dengan menyiapkan lahan penanaman kelor di masing-masing Koramil jajarannya serta melaksanakan sosialisasi tentang manfaat serta cara pengolahan kelor seperti yang dilaksanakan hari ini Selasa (22/03/2022) bertempat di Koramil 1613-01/Loli Desa Modu Waimaringu, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, oleh Ir. Dedi Krisnadi dari Dapur Kelor NTT.

Dalam pelaksanaannya, Kodim 1613/Sumba Barat bekerjasama dengan masyarakat dalam menyiapkan lahan untuk ditanami pohon Kelor dan nantinya bisa dijadikan sebagai kebun percontohan (Demplot) yang bisa diserap dan dikembangkan secara luas oleh masyarakat Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Rahadian Firnandi, S.Hub.Int mengatakan potensi di pulau Sumba pada umumnya dan khususnya di wilayah Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah, tersedia bahan olahan yang mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi yang bisa menjadi peluang usaha yaitu kelor.

“Para anggota agar memanfaatkan kegiatan sosialisasi dan tentang cara pengolahan daun kelor agar bisa meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat,” ujar Dandim.

“Mari kita mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan. Kelor selain mengandung nutrisi yang tinggi juga dapat di olah menjadi aneka macam makanan dan minuman sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat,” pungkas Dandim.

Lanjut Dandim mengatakan Kodim 1613/Sumba Barat juga menyiapkan alat atau mesin pengolah kelor dan menerima apabila masyarakat mau menjual kelor secara langsung di Koramil 1613-01/Loli.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut hadir pula Dandim 1601/ST (Letkol Czi Aditya Tri Wirawan), Kajari Waikabubak (Bintang Latinusa Yusvantare, SH), Ketua Persit KCK Cab. XVIII Kodim 1613/SB (Ny. Ratih Rahadian Firnandi), Tim Sosialisasi Dapur Kelor (Bapak Dedi Krisnadi) beserta 2 org, Pasiter Kodim 1601/ST (Kapten Inf Samiun), para Danramil dan perwakilan anggota Makodim dan Koramil jajaran Kodim 1613/SB, Perwakilan anggota Kodim 1601/Sumba Timur, Perwakilan anggota Kodim 1629/SBD beserta Perwakilan Persit KCK Cab. XVIII Kodim 1613/Sumba Barat. *** (Yunia/004-22),-

Baca Juga :   GUBERNUR NTT AKAN BERKUNJUNG KE SUMBA TENGAH