Bupati, Wakil Bupati Malaka Launching KMS

Malaka-SJ………. Bupati Malaka Dr.Simon Nahak,SH.,MH-Wakil Bupati Malaka Louse Luky Taolin,S.Sos launching Kartu Malaka Sehat (KMS) Senin (6/12/21).

Dihadapan para Asisten Sekda, pimpinan OPD, staf ahli bupati, juga perwakilan warga penerima KMS di Aula Kantor bupati Malaka,  Bupati Malaka Simon Nahak menyampaikan,  pemerintahannya sangat serius dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Malaka.

Lebih lanjut  Simon Nahak menjelaskan, maju atau tidaknya sebuah daerah sangat tergantung pada seberapa sehat warga sebagai pelaku pembangunan.

Terhadap hal ini, lanjut Simon, KMS seharusnya serentak launching bersamaan dengan Kartu Malaka Cerdas (KMC) namun ditunda karena masih dilakukan pemilahan kembali.

“Ada yang sudah dapat BPJSkes, Kartu Indonesia Sehat (KIS) tentu tidak bisa dapat KMS. Makanya baru dilaunching sekarang karena masih verifikasi lagi data,” ucap Bupati Malaka.

Selain kegiatan Launching KMS, Bupati Malaka Dr.Simon Nahak,SH.,MH juga menyinggung angka stunting di Malaka masih tinggi sebagaimana dilaporkan Kadis Kesehatan Malaka angka stanting ada diangka 21,5 persen.

Ia berharap, melalui melalui KMS ini berbagai elemen turut partisipasi dan bergotong-royong aktif demi menurunkan angka stanting yang masih diangkah 21,5 persen itu.

“Kades dan camat saya minta terus sosialisasi dan tahu apa yang harus dibuat.  Tugas camat selaku pejabat  birokrasi itu ada tiga yakni pengawasan dibidang pemerintahan, mengawal proses pembangunan karena merupakan perwakilan bupati di kecamatan dan melaksanakan tugas pelayanan kemasyarakatan,” katanya.

Tak hanya itu, Bupati Simon menyebutkan, terdapat 4.863 kartu  dari target  5.800 kartu yang harus diluncurkan ke warga.

“Saya juga perlu  informasikan bahwa vaksinasi di Malaka  sudah mencapai 50 persen dan kita terus kejar sampai capaian 70 persen. Saya minta kadis pendidikan agar anak sekolah wajib vaksin.  Kita suport jajaran TNI-Polri yang  terus sosialisasi ke warga untuk vaksin,”  ungkapnya. *** (Viki/017-21),-

Baca Juga :   PASIEN COVID-19 MENINGGAL DUNIA DI RS KARITAS