Bupati Kukuhkan Gugus Tugas PAUD HI Kabupaten SBD

Tambolaka-SJ…….. Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) dr. Kornelius Kodi Mete kukuhkan Gugus Tugas Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik-Integratif Senin (31/8/20) di Lopo Rumah Jabatan Bupati Desa Radamata Kecamatan Kota Tambolaka SBD provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bupati Kornelius dalam arahannya mengatakan peranan  anak usia dini telah menjadi isu global, sehingga banyak negara maju dan negara berkembang menaruh perhatian besar pada penyelenggaraan pendidikan dan  PAUD termasuk di Indonesia yang dibuktikan dengan lahirnya Perpres no. 60 tahun 2013 tentang PAUD Holistik  dengan dukungan Pemerintah untuk mewujudkan anak Indonesia yang cerdas, sehat,  ceria, berkarakter dan berkaklhak mulia.

“Gugus Tugas PAUD HI mempunyai tanggung jawab untuk membentuk karakter dan kecerdasan anak-anak kita, apa yang kita lakukan pada hari ini akan menentukan masa depan anak-anak generasi emas di SBD” ungkap Bupati SBD.

Bupati juga mengharapkan keterlibatan semua pihak termasuk OPD-OPD yang ada akan mendukung keberhasilan gugus tugas PAUD HI saat ini. Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan generasi emas yang berkualitas di SBD.

“Anak adalah anugerah Tuhan untuk melanjutkan cita-cita bangsa ini. Keberhasilan Anak Usia Dini  merupakan landasan untuk menyiapkan pemerintahan yang berikutnya” jelasnya.

Ketua Gugus Tugas PAUD HI Ny. Margretha T. W. Mete saat memberikan sambutan

Sebelumnya dalam sambutan ketua gugus tugas PAUD HI terpilih Ny. Margretha Tatik Wuryaningsih Mete mengatakan pembentukan Gugus Tugas PAUD HI untuk menyelamatkan generasi bangsa SBD. Gugus Tugas PAUD HI ini merupakan sarana peran aktif semua pihak di SBD dalam menentukan perubahan tetap anak-anak SBD.

Dalam kesempatan itu juga Ketua TP-PKK SBD ini juga mengucapkan terima kasih atas dukungan William and Lily Foundation, Yayasan ADARO dan Sumba Integrated Develpoment yang memprakarsai dan menginisiafi program. Dirinya mengapresiasi keterlibatan lintas sektor OPD di SBD sehingga saat ini gugus tugas PAUD HI dikukuhkan.

Baca Juga :   SBD TERBAIK DALAM PENANGANAN FILARIASIS DI NTT
Bupati Kornelius Kodi Mete saat menandatangani SK Gugus Tugas PAUD HI

“Anak adalah assets berharga, tempat kita meneruskan cita-cita bangsa, oleh karena itu mari kita siapkan dan pastikan 1000 hari pertama kehidupan (usia emas) benar-benar mendapat 4 layanan dasar yang maksimal, yang dilakkukan secara terpadu, konsisten dan berkelanjutan yang dimulai dari layanan pendidikan, kesehatan gizi dan perawatan, pengasuhan dan perlindungan serta kesejahteraan” ungkapnya.

Pantauan media pengkukuhan gugus tugas PAUD HI didasari oleh SK Bupati Nomor 426/KEP/H/2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif kabupaten SBD dengan masa tugas tahun 2020 sampai tahun 2024.

Kegiatan pengukuhan ini dihadiri oleh perwakilan TNI/Polri, masing-masing OPD, rohaniawan, LSM dan para tamu undangan lainnya. ***** (OC$),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.