BINDA NTT KEMBALI GELAR VAKSINASI DI LOURA SBD

Loura-SJ…………. Usai melakukan pelayanan vaksinasi  di Kecamatan Kodi Utara, Senin (22/11/21) yang lalu, Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali melanjutkan pelayanan vaksninasi untuk pelajar, masyarakat dan lansia di SD Kalembu Komi, Desa Bondo Boghila, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Rabu (24/11/21).

Hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Kapos BIN SBD, Marselinus Bali Ngara (Sekretaris Desa Bondo Boghila), Kapolsek Loura AKP Edy, Babinsa 1629/01 Loura, dan Bhabinkamtibmas Loura.

Kepada media ini Kapolsek Loura, AKP Edy menjelaskan saat ini bekerja sama dengan BINDA NTT yang ada di SBD dilakukan vaksinasi bagi masyarakat, pelajar dan lansia setempat.

“Kita focus di Desa Bondo Boghila,  Desa Loko Kalada dan desa sekitarnya dengan melakukan penjemputan secara door to door  bagi warga masyarakat yang belum divaksin” ungkap Kapolsek Loura.

AKP Edy menjelaskan alas an dilakukan penjemputan karena masyarakat masih enggan untuk divaksin, sehingga pihaknya juga memberi pemahaman pada masyarakat pentingnya divaksin untuk Herd Immunity atau kekebalan komunal.

“Untuk penjemputannya kita pakai kendaraan patroli Polsek Loura dan kendaraan Kodim 1629/SBD. Saat ini masih sedang berjalan pelaksanaan vaksinasinya dan diperkirakan sekitar 500an orang bisa terlayani” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga AKP Edy terus menghimbau masyarakat Loura secara khusus dan masyarakat Kota Loura secara umum untuk divaksin karena sudah terbukti bagi kekebalan komunal.

Pihaknya juga terus mendorong para kepala desa sampai kepala dusun untuk mendata keluarga yang belum divaksin, sehingga bisa dikunjungi dan langsung melakukan vaksinasi ditempat.

“Kita tidak lagi menunggu di Puskesmas,  kita yang mendatangi dan langsung memberikan pelayanan pada masyarakat. Saat ini untuk  wilayah hukum Polsek Loura, di kecamatan Kota sudah mencapai 70%,  sedangkan untuk Kecamatan Loura baru 65%. Kita targetkan dalam waktyu dekat sudah harus mencapai 75% atau lebih” tutur AKP Edy.

Baca Juga :   Antusias, 2.019 Warga Masyarakat Ikuti Serbuan Vaksinasi di Kodim 1613/Sumba Barat

Sementara itu Sekretaris Desa Bondo Boghila, Marselinus Bali Ngara, menyebut pelayanan vaksin oleh BIN Daerah NTT merupakan bentuk dukungan terhadap desanya dalam mempercepat vaksinasi terhadap masyarakat. Ia menuturkan bahwa warga masyarakatnya sangat berantusias dalam menerima pelayanan tersebut.

“Ini merupakan bentuk kepedulian BIN NTT yang sudah mempercayakan Desa Bondo Bonghila untuk dijadikan sebagai tempat terpusat pelayanan pada pelajar, dan masyarakat pada umumnya,”ucapnya ketika ditemui disela-sela kegiatan pelayanan vaksin, pada Rabu (24/11/2021).

Marselinus menjelaskan, kurang lebih 200 jiwa warganya yang turut mendapatkan pelayanan vaksin pertama dan kedua. Menurutnya, lansia juga turut berpartisipasi dalam mengikuti pelayanan tersebut.

Dia menyebut bahwa warga desanya mulai sadar  untuk divaksin. Hal ini, kata Marselinus ditandai dengan antrian dan tenda yang disiapkan dipenuhi warga masyarakat. Sehingga, ia meyakini penularan angka covid-19 dapat teratasi.

“Saya sangat bangga karena warga masyarakat sudah mulai sadar untuk divaksin. Tidak ada yang dipaksa, mereka (masyarakatlt) berinisiatif sendiri untuk datang disuntikan vaksin,”imbuhnya.

Dia berharap supaya ke depan masyarakat yang belum sempat mendapatkan suntik vaksin pertama dan kedua bisa terlayani. Ia juga menyampaikan limpah terima kasih kepada pihak puskesmas yang sudah membantu pelayanan terhadap masyarakat desanya.

Dipantau oleh media ini pelayanan vaksinasi terpusat di Sekolah Dasar Masehi (SDM) Kalembu Komi, Desa Bondo Boghila. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac dan Astrasineca. Ada 800 dosis vaksin yang disiapkan, terdiri dari 200 dosis sinovac dan 600 dosis vaksin astrasineca.

Hingga berita ini diturunkan kegiatan vaksinasi masih berlanjut, aksi ini pun mendapatkan respon positif dari pemerintah Desa setempat serta mendapat dukungan penuh dari TNI-Polri dan Pemerintah. *** (Octa/002-21),-

error: Content is protected !!