BAWASLU SUMBA TIMUR GANDENG ORGANISASI KEPEMUDAAN AWASI PEMILU 2019

Waingapu-SJ………Bawaslu Kabupaten Sumba Timur bersama empat organisasi Kepemudaan membulatkan tekad mengawasi serta menyukseskan Pemilu 2019 diantaranya Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Waingapu, Gerakan Mahasiwa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Waingapu, Ikatan Pelajar Mahasiswa Asal Tabundung Pinupahar (IPMASTAP), Himpunan Mahasiswa Selatan (HIMAS) melalui penandatangan MOU yang diselenggarakan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Sabtu, 22 Desember 2018. Dengan Tema Pengembangan Pengawasan Partisipasif, dan hadir pula Pemuda Muhammadyah Waingapu dan Dewan Kerja Cabang Pramuka Sumba Timur.

Sebelum memulai penandatanganan MOU, Bawaslu Kabupaten Sumba Timur menyajikan materi tentang Peran Anak Muda, Yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sumba Timur, Anwar Engga, SE, Pengawasan Partisipatif yang disampaikan oleh Hina Mehang Patalu, SE Koordinator Divisi Pencegahan Pengawasan dan Hububangan Antar Lembaga, Penanganan Pelanggaran Pemilu yang disampaikan oleh Denny Harakai, MTh Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran. Yang dimoderatori oleh Marthen Tanggu Rami, SE.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE mengatakan baru pertama kali dilakukan kegiatan seperti ini yang melibatkan organisasi kepemudaan dalam mengawasi pemilu.

“Ini adalah momentum sejarah di Sumba Timur bahwa baru pertama kali kegiatan seperti ini kita melakukan kerja dengan penandatanganan MOU dengan organisasi kepemudaan dalam proses mengawasi pemilu. Karena dasarnya adalah UU No. 07 Tahun 2017 tentang  Pemilu” tutur Anwar.

Anwar menambahkan, dari personil yang ada di Bawaslu Sumba Timur yang jumlahnya tiga orang, tentu kami tidak mampu berjalan sendiri tanpa partisipasi masyarakat atau organisasi kepemudaan. Dari latarbelakang tersebut sehingga kami melibatkan organisasi kepemudaan dalam pengawasan pemilu.

Dirinya berharap agar pemuda yang terlibat agar berperan lebih besar dalam proses pengawasan karena sudah ada legalitasnya dalam pengawasan pemilu.

Baca Juga :   BENARKAH CAMAT KODI UTARA BAKAL PASANGAN MDT??
Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE, saat mmebuka kegiatan penandatanganan MOU

“Kami berharap kiranya organisasi yang terlibat saat ini dapat berperan lebih besar untuk menghimpun semua kekuatan kita agar apa yang menjadi tujuan kita dalam hal pengawasan dapat berjalan dengan lancar. Dan ketika sudah mendapat pengetahuan, mari kita sebarkan virus-virus kebaikan dilingkungan kita berada” harapnya.

Elvensias U. M. Awang, Ketua DPC GMNI Waingapu saat ditemui di sela-sela kegiatan memberikan tanggapanya terkait keterlibatan GMNI dalam proses pengawasan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bawaslu Sumba Timur karena sudah bekerja sama dengan kami. Dengan landasan MOU ini kami akan bekerja sesuai kemampuan kami demi suksesnya pesta demokrasi yang aman dan damai” tutur Elvensias.

Lanjut Elvensias, kami akan mempersiapkan seluruh anggota kami untuk ikut serta dalam proses pengawasan. Anggota kami tersebar di semua daerah. Ketika mereka kembali ke kampung masing-masing yang pastinya mereka turut andil dalam pengawas.

Pantauan media, perjalanan kegiatan berjalan lancar dan peserta kegiatan begitu antusias dalam mendengarkan materi. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan penandatangan MOU dari keempat organisasi tersebut. (JSW),-