BAWASLU SBD TINGKATKAN KOORDINASI DENGAN PANWASCAM

Ketua Devisi PHL Bawaslu Dominggus Nani saat membawakan materi dalam rapat kerja teknis

Tambolaka –SJ…………….Dalam rangka memaksimalkan tugas dan fungsi Bawaslu terkait dengan pengawasan Pemilu sebagaimana tertuang dalam Pasal 93 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Bawaslu SBD menyelenggarakan rapat kerja teknis persiapan pengawasan  Pemilihan umum tahun 2019 di Hotel Sinar Tambolaka Rabu, (14/11/2018). Acara tersebut dihadiri oleh para Komisoner Bawaslu dan Panwascam se-kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Ketua Devisi PHL Bawaslu Dominggus Nani dalam materinya menegaskan bahwa pencegahan, pengawasan dan penindakan menjadi tugas utama dari Bawaslu, sehingga kegiatan ini penting  dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas dan Integritas  pengawas pemilu dalam menjalankan tupoksinya.

“Tugas kita bawaslu yang pertama itu pencegahan yaitu sosialisasi tentang peraturan dan larangan kampanye, pemetaan potensi kerawanan, supervisi dan koordinasi antar lembaga, serta peningkatan partisipasi masyarakat. Kemudian ada fungsi pengawasan yaitu mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu dan larangan dalam pelaksanaan pemilu.dan yang terakhir yaitu fungsi penindakan yaitu melakukan penindakan terhadap pelanggaran pada kampanye pemilu” ungkap domi menjelaskan.

Ketua Banwaslu SBD Nikodemus Kaleka yang ditemui disela kegiatan berlangsung kepada wartawan menuturkan, kegiatan ini adalah salah satu dari sekian banyaknya kegiatan, baik yang sudah di laksanakan maupun yang akan dilaksanakan didalam tahapan pengawasan kampanye pemilihan umum  tahun 2019.

“Melalui kegiatan rapat kerja teknis ini kami harapkan seluruh Panwascam dari setiap kecamatan se-kabupaten SBD betul-betul memiliki kemampuan, baik secara regulasi, pemahaman di lapangan hingga output atau keberhasilan dalam hal pencegahan dan pengawasan betul-betul berhasil sesuai dengan harapan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara Banwaslu dan Panwascam sehingga terbangun sinergitas dalam pengawasan serta memberikan pengetahuan teknis dan strategis penanganan pelanggaran dalam pemilihan umum nantinya” ucap Niko.

Baca Juga :   JJ SIAP PIMPIN SUMBA BARAT 5 TAHUN KEDEPAN

Niko juga berpesan kepada seluruh panwascam yang hadir agar sabar dan tetap bekerja secara profesional  meski anggaran untuk panwascam sampai saat ini masih belum keluar.

“Kita tetap menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab banwaslu maupun panwascam dan jangan patah semangat meski terbentur dengan anggaran karena menjadi pengawas itu merupakan panggilan sehingga lahir dari demokrasi dan kemauan. Memang sampai saat ini anggaran untuk kami masih belum keluar tapi kami sudah konfirmasikan ke pemerintah daerah terkait hal ini mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah cair dananya”imbuhnya.

Terpisah salah satu anggota Panwascam Wewewa Tengah Soleman Wola Mawo kepada media ini menjelaskan akan pentingnya kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa rapat teknis ini adalah wujud tanggung jawab bawaslu dalam menyiapkan dan membekali panwascam sehingga dalam pelaksanaan pengawasan semua panwascam tidak salah dalam mengambil tindakan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kami karena kami disini dibekali dan diberikan pengarahan sehingga nantinya kami yang di kecamatan bisa tau dan bagaimana belajar tentang tahapaan-tahapan pelaksanaan pemilu nanti” ungkapnya.(JNL)