Analisis Butir Soal Menggunakan Program ITEMAN

Karuni-SJ…..Bertempat di ruang laboratorium Komputer STKIP Waitabula dilaksanakan pelatihan Analis Butir soal Menggunakan Program Item and Test Analisis (ITEMAN) kepada Guru sekecamatan Loura pada hari Sabtu 09 Maret 2019. Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh 2 Narasumber yaitu Ferdinandus Bele Sole, M.Pd dan Desak Made anggraeni, M.Pd kegiatan ini Setidaknya di Ikuti oleh Guru SD dari 20 sekolah dan juga mahasiswa yang sedang mengurus TA (Tugas Akhir).

Menurut Ferdinandus Sole, M.Pd ITEMAN merupakan program komputer yang di gunakan untuk menganalisis butir soal secara klasik, perangkat ini adalah perangka Lunak yang di buat melalui bahasa pemrograman komputer dan di buat khusus untuk analisis butir soal dan test.

“Analisis meliputi Tingkat kesukaran soal, daya pembeda, reliabilitas test, kesalahan pengukuran, dan distribusi skor serta skor setiap siswa ” tuturnya.

Lebih lanjut Ferdinandus mengatakan Program ini dapat digunakan untuk menganalisis data file (format ASCII) jawaban butir soal yang di hasilkan melalui manuel entry data atau dari mesin scanner, menskor dan menganalisis data soal pilihan Ganda dan skala Likert untuk 30.000 siswa dan 250 butir soal dan aplikasi ini ringan serta mudah dalam penerapannya.

Ferdinandus juga memaparkan kelebihan Program ini yakni memberikan informasi tentang validitas setiap butir soal mulau dari daya pembeda, tingkat kesukaran, proporsi jawaban pada setiap option, reliabilitas, standar eror of measurement, mean, variansi, standar deviasi, skew, kurtosis untuk jumlah skor pada jawaban benar, skor minimum dan maksimum,skor median, dan frekuensi distribusi skor.

Sementara mahasiswa yang diwawancarai oleh media di sela-sela kegiatan, Maria Goretti Pote mengatakan sangat senang bisa ikut kegiatan ini karena kegiatan ini menjadi bekal untuk penelitian disekolah nantinya.

Baca Juga :   Pelatihan Jurnalistik Perdana Tingkat SMA

“saya saat melakukan penelitian pasti memberikan ujian kepada siswa, saya akan menganalisis soal dan jawaban siswa menggunakan program ini di karenakan kemudahannya, Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menganalisis butir soal mulai dari Daya Pembeda, Tingkat kesukaran dan Realibilitas.” Ujar Maria.

Maria juga berharap kedepannya peserta Pelatihan Tidak Hanya Guru kecamatan Loura tetapi bisa Melibatkan Guru se-kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

“sehingga guru yang ada di SBD bisa memahami Cara menganalisis Soal Menggunakan program ITEMAN” tutup Maria mengakhiri Wawancara. (EB)