6 NEGARA SUDAH MEMASTIKAN LOLOS KE BABAK 16 BESAR EURO 2020

Tambolaka-SJ…………. Sebanyak enam tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (2021). Tiga juara grup dan tiga runner-up dari grup A, B, dan C telah mengantongi tiket fase gugur. Selanjutnya, masing-masing tim akan menunggu lawan untuk saling memperebutkan posisi di babak perempat final.

Sejauh ini, baru juara grup A Italia yang telah mendapatkan lawan di pertandingan 16 besar nanti. Lawan yang akan dihadapi Italia pun bukan tim sembarangan. Italia dipastikan bakal berhadapan dengan runner-up grup C Austria.

Jadwal Euro 2021 Italia vs Austria sendiri adalah pada Minggu (27/6) jam 02.00 WIB mendatang. Austria memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2021 setelah mengalahkan Ukraina lewat gol semata wayang Christoph Baumgartner pada menit ke 21, Selasa (22/6) dini hari WIB.

Austria memastikan jadi runner-up dengan koleksi 6 poin di bawah Belanda yang mengoleksi poin sempurna 9. Sebagai runner-up Grup C, sesuai skema babak 16 besar Euro 2021, Austria akan melawan juara Grup A yakni Italia.

Sedangkan Belanda sebagai juara Grup C akan melawan peringkat 3 terbaik dari Grup D, E atau F. Hingga berita ini diturunkan, setidaknya sudah ada empat negara yang memastikan tiket babak 16 Euro 2021, yakni Italia, Wales, Belgia dan Belanda serta Austria.

Sementara negara-negara raksasa sepakbola macam Perancis, Jerman, Portugal, Inggris dan lainnya masih harus berjuang hingga laga terakhir penyisihan grup untuk memastikan tiket babak 16 besar Euro 2021. Sebelumnya, Wales memastikan tempat di babak 16 besar Euro 2021 meski kalah dari Italia Senin, (21/6/2021) dini hari WIB.

Pada laga Grup A lainnya, timnas Swiss sukses menaklukkan Turki dengan skor cukup telak 3-1. Dua hasil pertandingan tersebut membuat timnas Italia dipastikan lolos ke fase gugur Euro 2020 dengan status juara Grup A.

Baca Juga :   Dandim 1613/SB, Letkol Czi Rahadian Firnandi, S.Hub.Int Terpilih Pimpin PERTINA Kabupaten Sumba Barat

Timnas Italia lolos dengan sempurna karena berhasil menyapu bersih tiga pertandingan Grup A dengan catatan tidak kebobolan dan mencetak total tujuh gol. Gli Azzurri, julukan timnas Italia, melaju ke babak 16 besar Euro 2020 ditemani oleh timnas Wales yang menjadi runner up Grup A.

Perolehan poin timnas Wales sebenarnya identik dengan timnas Swiss, yakni empat angka dari tiga pertandingan. Namun, timnas Wales lebih berhak menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup A Euro 2020 karena memiliki selisih gol yang lebih baik daripada Swiss. Meski demikian, Swiss masih berpeluang lolos ke fase gugur Euro 2020 melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Disisi lain, kekalahan dari Swiss membuat timnas Turki menyusul Makedonia Utara yang sudah tersingkir sejak pekan lalu.

Selain Italia dan Wales, dua negara lain yang sudah dipastikan lolos ke fase gugur Euro 2020 adalah Belgia dan Belanda. Situasi berbeda dihadapi timnas Belgia di Grup B. Timnas Belgia masih harus bekerja keras jika ingin lolos ke fase gugur Euro 2020 dengan status juara Grup B meskipun saat ini sudah mengoleksi enam poin.

Hal itu tidak lepas dari kondisi klasemen Grup B saat ini. Timnas Belgia dengan koleksi enam poin saat ini memang memimpin klasemen Grup B. Namun, timnas Belgia hanya unggul tiga angka atas Rusia dan Finlandia yang secara berurutan menguntit di bawah mereka. Pada matchday terakhir Grup B, Selasa (21/6/2021) dini hari WIB, Belgia akan berhadapan dengan Finlandia sementara Rusia dijadwalkan menghadapi Denmark.

Melihat klasemen Grup B saat ini, Belgia tidak boleh lengah pada laga melawan Finlandia nanti. Sebab, masih ada kemungkinan timnas Belgia turun sampai ke peringkat ketiga Grup B meskipun sangat kecil.

Baca Juga :   Turnamen Volly Ball Warnai HUT ke-XII GKS Jemaat Kapunduk

Daftar negara yang sudah lolos ke babak 26 besar Euro 2021 : Grup A : Italia & Wales; Grup B : Belgia & Denmark; Grup C : Belanda, & Austria. *** (Red/Dari berbagai sumber),-