​PAKET DAMAI OLE MILA OLE DENGO RESMI MENDAFTAR DI KPU

Tambolaka-SJ,….. Pendaftaran bakal calon Bupati dan wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD) memasuki hari kedua dalam jadwal yang telah di tetapkan oleh KPU SBD, Selasa 9 Januari 2018. Di hari kedua ini paket DAMAI di beri jadwal untuk mendaftarkan diri. Paket DAMAI di antar oleh masing-masing ketua partai yaitu PKB, PPP, PKPI, PBB dan Gerindra.

Paket DAMAI mendaftar di KPU
Paket DAMAI mendaftar di KPU

KPU SBD beserta Panwaslu SBD menyambut langsung kedatangan paket DAMAI beserta rombongan di pintu gerbang, karena rombongan paket DAMAI yang jumlahnya ratusan itu hanya boleh masuk 30 orang ke kantor KPU, karena keterbatasan ruangan. Selain itu pula untuk mempermudah pemeriksaan berkas-berkas sehingga yang dibolehkan masuk hanya  15 orang dari partai pengusung dan 15 orang lagi dari paket DAMAI dan tim keluarga.
Sempat terjadi ketegangan karena istri dari calon bupati dan calon wakil bupati tidak diperbolehkan masuk dengan alasan masih berstatus PNS, yang masih diprotes oleh calon Bupati Dominggus Dama tetapi pada akhirnya disepakati menunggu diluar kantor KPU saja.
Ketua KPU Mikael Bulu, SH dalam sambutannya sebelum acara pemeriksaan berkas menyampaikan ucapan selamat datang dan berterimakasih atas kedatangan paket DAMAI dengan penuh kedamaian kiranya kedamaian itu berjalan hingga pemilu kada berlangsung. Diharapkan paket DAMAI juga dapat melengkapi segala kelengkapan yang diminta oleh KPU. Selanjutnya ketua KPU membuka kegiatan pendaftaran dengan resmi dan langsung memferivikasi  berkas paket DAMAI.
Kurang lebih 1 jam berkas-berkas yang diverifikasi dinyatakan lengkapdan memenuhi syarat, sehingga rombongan paket DAMAI yang tibanya pukul 11.46 Wita sudah bisa kembali pada pukul 13.12 Wita. Dan secara resmi KPU meminta agar paslon tersebut  keesokan harinya sudah bisa berangkat ke Kupang untuk melakukan test kesehatan dan phsyco test di RM Umum WZ Yohanes.
Ketua KPU Mikael Bulu sempat memuji kesiapan berkas-berkas paket DAMAI yang dinyatakan lengkap karena sering adanya komunikasi antara tim paket DAMAI dengan KPU dalam upaya membereskan berkasnya sesuai dengan aturan yang berlaku.
“kami berharap rombongan paket DAMAI yang telah menunjukan contoh dengan iringan-iringan yang tenang dan damai semoga hal ini terus terjadi hingga pada 27 Juni 2018 nanti untuk mewujudkan pemilu yang aman dan damai” ungkapnya.
Setibanya di posko DAMAI pasangan Dominggus Dama, S. ST, MT dan Kornelis Tanggu Bore, SH menyampaikan bahwa pasangan DAMAI sudah hampir lolos menjadi peserta pemilukada SBD tinggal menunggu penetapan oleh KPU setelah melakukan test kesehatan di Kupang nanti.
“kita mengharapkan adanya pemilu yang damai, terbebas dari pertikaian serta menjadikan SBD tanpa sekat antara suku Wejewa, loura dan Kodi, kita datang untuk berjuang demi “ole Milla ole dengo’ ujarnya didepan masa pendukungnya.
Lebih lanjut D. Dama mengatakan kita didukung oleh 5 partai yang di anggap kecil tetapi jika disatukan akan menjadi ikatan yang besar. Pimpinan partai yang ikut mendampingi paket DAMAI dalam penyerahan berkas adalah pimpinan parpol tingkat DPW, DPC dan anggota DPRD PKB asal Kodi.
Pantauan media paket DAMAI dikawal ratusan pendukungnya dan disambut dengan tarian adat budaya Sumba pada saat tiba di KPU dan setelah kembali ke poskonya berjalan dengan aman dan damai serta menarik minat masyarakat disepanjang jalan. (Rato),-

Baca Juga :   Tim Satgas SBD Lakukan Sosialisasi Pencegahaan Covid 19 Pada Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published.