WISUDAWAN PDD SUMBA TIMUR DIPERSIAPKAN UNTUK SEKTOR SWASTA

Waingapu(SJ)- Politani Negeri Kupang Memanen 148 wisudawan/ti di Program Studi Diluar Domisili Kab. Sumba Timur yang dirinci 68 orang dari program studi produksi ternak dan 80 orang dari program studi kesehatan hewan.

Politani Negeri Kupang Program Studi Diluar Domisili yang dirintis 28 Desember 2012 ini mengadakan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa pada 23 November 2017 untuk mewisudakan 148 Ahli Muda peternakan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi yang di buka oleh Direktur Politani Negeri Kupang, Ir, Blasius Garu, M.si dan dihadiri langsung oleh Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora , M.si sebagai penanggung jawab.
“ rintisan Akademi Komunitas Negeri Sumba Timur Ini menganut sistem pendidikan vokasi sehingga output yang ingin kami hasilkan adalah mereka yang siap menjadi wiraswasta sehingga dapat menjawab tantangan Bupati Sumba Timur dalam sambutannya tadi, lulusan kita tidak bisa bersaing untuk menjadi PNS karena kualifikasi kita bukan kesana. Tantangannya mungkin bahwa lulusan ini belum sanggup meorganisir diri dengan baik, karena langsung berpisah bagaimana kalau sebenarnya membentuk kelompok usaha mandiri dan memang ini tidak mudah karena sebelumnya tidak ada lulusan perguruan tinggi yang didorong kesana dan kami ini merupakan perintis sektor ini sehingga kita harus masuk kesan tanpa keraguan” disampaikan oleh Ir. Blasius Garu M.si yang ditemui media ini setelah acara wisuda berlangsung.

Blasius Garu juga menambahkan “yang menjadi fokus kami sekarang adalah status dari Akademi Komunitas Negeri Sumba Timur untuk Bisa Mandiri karena melihat potensi yang ada di Sumba Timur dan Sumba secara keseluruhan dan juga berkaca pada 4 PDD lain yang merupakan binaan Politani Negeri Kupang yang sudah dan akan ditutup yakni PDD Ende, PDD Kupang, PDD Bima dan PDD Sabu, Dukungan Alumni, Masyarakat dan Pemerintah akan sangat menentukan kemana nasib Akademi Komunitas Negeri Sumba Timur kedepannya”.

Baca Juga :   SUMBA BARAT DAYA TELAH MEMILIKI DOKUMEN KAJIAN RISIKO BENCANA (KRB)

Bupati Sumba Timur Drs. Gideon Mbilijora M.si dalam sambutanya mendorong Ahli Muda Peternakan yang baru diwisuda untuk memperhatikan sektor penyediaan pakan dan pupuk organik di Sumba timur melihat kebutuhan pakan ternak yang terus meninggkat serta belum ada yang memperhatikan sektor ini dan akhirnya para wisudawan tidak menjadi beban Pemerintah.(STM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.