SMAK St. Alfonsus Sekolah Literasi Pertama di SBD

Tambolaka-SJ………….. Bertempat di aula SMAK St. Alfonsus Weetebula Kecamatan Kota Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) pada Senin 29/10/18 kemarin siang dilaksanakan Diskusi Literasi dan Peluncuran Sekolah Literasi oleh Wakil Bupati SBD, Drs.Ndara Tanggu Kaha.

Dalam sambutannya  Drs. Ndara Tanggu Kaha mengatakan berbicara tentang pendidikan terutama di SBD, kita haruslah memiliki perpsepsi yang sama bahwa pendidikan milik kita bersama. Pendidikan harus diletakan pada porsi yang benar. Pendidikan harus mendapat tempat dalam tujuan pendidikan yang akan dipersiapkan dan direncanakan oleh pemerintah SBD dalam 5 tahun mendatang.

Lebih lanjut Ndara Tanggu Kaha mengatakan akan dialokasikan anggaran yang berfokus pada mutu pembelajaran khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

“Teknisnya kebijakan ini nantinya akan berbentuk kegiatan pelatihan guru. Melalui KKG digugus yang berkelanjutan. Kami juga akan mengadakan buku dan alat tulis yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar mempunyai kemampuan literasi dan numerasi yang baik” ungkapnya.

Wakil Bupsti SBD, Drs. Ndara Tanggu Kaha saat diterima oleh Kepala Sekolah SMAK St. Alfonsus Weetebula Naja Saverinus dengan penyelempangan kain

Ditenpat yang sama Kepala sekolah SMA Katolik St. Alfonsus Weetebula Naja Saverinus mengatakan kegiatan literasi ini kita sediakan hari khusus yaitu hari Sabtu, karena tuntutan kurikulum dan didalamnya terlalu banyak mata pelajaran sehingga kita menyedikan waktu 2 jam. Pada bulan kitab Suci Nasional dan Bulan Bahasa kita lakukan pas masuk  kelas 15 menit  sebelum pelajaran dan itu berjalan.untuk bulan kitab suci.

“Kita lakukan lomba Cerdar Cermat Alkitab (CCA), Lomba  baca Kitab Suci dan Mazmur tanggapan,  untuk kegiatan literasi kita upayakan pada pagi hari 15 menit sebulum pelajaran seperti yang kita laksanakan pada Bulan kita suci Nasional dan Bulan Bahasa”  ujarnya.

Baca Juga :   Uskup Weetebula Minta Pendidikan Sebagai Sarana Pewarta Khabar Gembira

Emiliana Bulu salah satu siswa yang di wawancarai media  mengatakan kegiatan ini sangat baik karena bisa gunakan waktu kosong untuk membaca buku, sehingga pengetahuan kami bisa bertambah dan menambah wawasana kami.

SMA Katolik St. Alfonsus Weetebula merupakan sekolah Literasi Pertama di kabupaten Sumba Barat Daya setelah diluncurkan oleh Wakil Bupati SBD dengan ditandai penusukan balon yang didampingi oleh Kepala sekolah SMA Katolik St.Alfonsus Naja Saverinus dan pengiat Literasi Epriana Magi.

Sebelum kegiatan peluncuran dilakukan diskusi literasi oleh 3 Narasumber yaitu wakil Bupati SBD Drs. Ndara Tanggu Kaha, Kepala Sekolah SMA Katolik St. Alfonsus Naja Saverinus dan pengiat Literasi Empriana Magi serta di ikuti oleh Guru dan Siswa SMA Katolik St. Alfonsus Weetebula (EB),-