SMA Katholik Santa Maria Homba Karipit Lakukan PLS Secara Kreatif dan Inovatif

Homba Karipit-SJ……. Sekolah Menengah Atas (SMA) Katholik Santa Maria Homba Karipit telah melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dari hari Senin (16/7) hingga Rabu (18/7) di sekolah tersebut, Desa Homba Karipit, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Sebagai tradisi setiap tahun ajaran baru, istilah Masa Orientasi Siswa (MOS) yang sekarang sesuai keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan telah dirubah nama menjadi  Pengenalan Liingkungan Sekolah (PLS) tetap dilaksanakan, namun harus dijauhkan dari kesan perploncoan dan harus diawasi langsung oleh dewan guru.

Ketua OSIS Yakub Jaha Mamma mengatakan bahwa dalam PLS ini lebih mengutamakan prinsip kreatif dan inovatif yaitu mengajarkan siswa-siswi baru untuk mengenal suasana dilingkungan sekolah yang baru, mengenal tentang organisasi sekolah, belajar untuk mengefektifkan waktu serta pelatihan-pelatihan terkait peningkatan karakter serta mental para siswa.

Siswa-siswi yang sedang mengikuti MOS

“Dalam kegiatan ini kita tetap berpegang pada prinsip kreatif dan inovatif, tidak ada unsur kekerasan apalagi pelecehan di dalamnya. kita mengajarkan lebih pada pengenalan di sekitar sekolah seperti mengenalkan struktur kepengurusan yang ada disekolah, aturan serta tata tertib disekolah dan organisasi sekolah. Selain itu kita latih karakter serta mental mereka melalui latihan pidato, latiihan membuat drama ,bermain musik serta latihan-latihan yang sifatnya untuk pengembangan diri”ungkapnya.

Siswa baru sendiri mengakui bahwa kegiatan PLS-nya sangat menyenangkan dan sangat memotivasi belajar nantinya.

“Sangat seru, karena bisa bermain sambil belajar. kami tidak merasa takut pada kakak kelas, tidak dibentak-bentak karena kakak kelasnya ramah dan mau berbagi ilmu. Selain itu materi yang diberikan oleh para pemateri sangat bagus, bisa membangkitkan semangat serta sangat memotivasi kami,” ungkap Lia Tunu salah satu peserta didik baru.

Baca Juga :   YATUTIM TINGKATKAN KAPASITAS KEPSEK DAN MUTU SEKOLAH
Rm. Christo Ngasih, Pr., kepala sekolah SMAK ST. Maria Homba Karipit

Sementara itu Kepala Sekolah  Rm. Christo Ngasih, Pr berharap peserta didik baru ini nantinya bisa belajar dengan baik, setelah mengetahui peraturan sekolah sesuai arahan-arahan yang telah di berikan dan materi-materi yang diberikan lebih mengarah pada pendidikan karakter dan bagaimana meningkatkan semangat balajar siswa yg efektif.

“kalau dulu MOS kan identik dengan perploncoan tapi sekarang telah di ubah menjadi PLS yang lebih mengarah pada pendidikan dengan orientasi yang kreatif tanpa plonco. Sehingga sedari awal masuk siswa akan terkesan bahwa pendidikan itu menyenangkan penuh dengan kreativitas dan semangat belajar siswa  jadi bertambah” ungkapnya. (JNL),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.