Perguruan Tinggi, FKUB Dan Pramuka Tandatangani Mou bersama Bawaslu

Waikabubak-SJ ……………. Bertempat di aula Hotel Pelita Waikabubak Sumba Barat, Bawaslu Kabupaten Sumba Barat menandatangani Mou dengan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS), Perguruan Tinggi (PT) dan Pramuka demi mengawasi jalannya Pemilu serentak tahun 2019 pada Sabtu, 22 Desember 2018, yang disaksikan oleh KPU Sumba Barat, Pimpinan Parpol, Polres Sumba Barat. Tokoh Agama dari FKUB dan para tamu undangan lainnya. Penandatanganan Mou ini sebagai bentuk kesepakatan bersama dalam melakukan pengawasan pemilu untuk menyukseskan pemilu 2019 yang jujur adil, bermartabat dan berintegritas.

Dalam kesempatan itu ketua Bawaslu Sumba Barat oleh Pdt. Yusti Rambu Karadji, S.Th mengatakan sesuai dengan amanat UU No. 7 Tahun 2017 Bawaslu mempunyai tugas untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu secara jujur dan adil, maka upaya yang dilakukan adalah meningkatkan partisipasi warga Negara Indonesia dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu. Dengan kehadiran Bawaslu dapat mendorong dan memperkuat pengawasan masyarakat dengan memberikan penguatan berupa regulasi, kewenangan SDM, anggaran dan sarana prasarana agar laporan pengawsan dapat lebih tajam secara analisis, efektif berdasarkan fokus pelanggaran dan kerawanan dan dapat memberikan penindakan dalam memberi efek jera bagi upaya dan pelanggaran sehingga tujuan akhir keadilan Pemilu dapat tecapai.

“Oleh karena itu hari ini kita memahami bersama bahwa  tidak hanya memberikan peluang menyalurkan aspirasi  dalam hal pemilihan suara dan  memilih pemimpin bangsa ini daerah ini, tetapi juga memberikan ruang bagi bapak ibu untuk turut mengawasi  proses ini, untuk turut melihat apakah proses pemilu, tahapan pemilu yang berjalan dan pemilu 17 April 2019 nanti benar-benar berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Karena itu bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu” ungkapnya.

Baca Juga :   90% Kertas Suara Untuk KPU SBD Sudah Siap

Anggota Bawaslu Pdt. Papi DJurumana, S.Th juga mengatakan dengan keterbatasan yang dimiliki personil Bawaslu, maka dibutuhkan dukungan Perguruan Tinggi, Pramuka dan FKUB untuk secara bersama-sama mengawasi pelaksanaan pemilu nanti agar dapat sukses. Adanya praktek-praktek politik uang, penggelembungan suara merupakan hal yang sering terjadi dalam pemilu. Untuk dapat mengawasi ini maka dibutuhkan dukungan-dukungan dari pihak lain untuk bersama-sama Bawaslu mengawasi pemilu.

“Banyak informasi pelanggaran pemilu yang kami dengar misalnya bagi-bagi uang,  tetapi setelah ditelusuri di lokasi tidak ditemukan adanya bukti-bukti, bahkan yang terlapor  saja tidak mengakuinya, melalui kerjasama ini agar bisa membantu Bawaslu dengan mengawasi dan melaporkan jika ada pelanggaran tersebut, paling 7 hari setelah kejadian terjadi” ujar Pdt. Papi.   

Ketua DPC Partai Bulan Bintang Yaser Arafat yang dihubungi media usai penandatanganan Mou mengapresiasi kegiatan ini dan menganggap positif karena merupakan pembelajaran buat pemilih pemula, juga kepada stake holder untuk bisa mengawasi Pemilu ini dan dapat berjalan dengan baik.

“Sebagai pimpinan partai kami apresiasi dan semoga lewat pengawasan pemilu yang dibangun oleh Bawaslu ini bisa menjamin terselenggaranya Pemilu tahun 2019 yang jujur adil, bermartabat dan berintegritas” ujaranya.

Lebih lanjut Yaser juga mengucapkan terima kasih karena melalui kegiatan hari ini mendapat informasi tambahan dari KPU Sumba Barat terkait Alat Peraga Kampanye  dan dirinya berjanji dalam waktu dekat akan menyelesaiakn sesuai dengan aturan KPU agar PBB dan caleg PBB bisa mengikuti Pemilu dengan baik dan tidak mendapat kendala sesuai dengan aturan KPU yang berlaku.

Pantauan media pelaksanaan penandatanganan Mou ini berjalan lancar dan setiap peserta menyatakan kesiapannya mendukung kerja Bawaslu Sumba Barat demi suksesnya Pemilu 2019. Ketua KPU Sumba Barat juga masih memberikan wejangan-wejangan buat partai politik yang hadir mengingat waktu pelaksanaan Pemilu tinggal 4 bulan lagi. (OC$),-

 

Baca Juga :   KPU SBD GELAR NONTON BARENG LAUNCHING HARI PEMUNGUTAN SUARA PEMILU SERENTAK TAHUN 2024