MABIM STKIP Weetebula “Bersama Kita Bisa”

Ketua STKIP Weetebula, Wilhelmus Yape Kii, S.Pt., M.Phil, saat membuka kegiatan MABIM

Karuni-SJ………….. MABIM (Masa Bimbingan) merupakan kegiatan rutin STKIP Weetebula dalam mempersiapkan calon Mahasiswa sebelum memulai perkuliahan dikampus. Berlangsung di Aula STKIP Weetebula dilaksanakan kegiatan Mabim selama 1 minggu mulai hari ini (Senin 15/07/2019).
Dalam sambutannya ketua STKIP Wilhelmus Yape Kii, S.Pt.,M.Phil mengatakan bahwa kita berkumpul ditempat ini untuk memulai suatu kegiatan yang akan menjadi pintu masuk adik-adik peserta MABIM berproses menjadi ahli waris tongkat sejarah, menjadi guru, atau menjadi pemimpin masa depan bangsa dan negara. Hari ini merupakan hari bersejarah. Pertama, karena Institusi STKIP Weetebula mendapatkan tambahan 419 anggota keluarga baru, yang terdistribusi ke-5 Program Studi. Kedua, bagi para calon mahasiswa karena mulai hari ini, kalian bagian yang tak terpisahkan dari keluarga besar STKIP Weetebula dan akan menghabiskan sekitar 4-5 tahun kedepan di tempat ini dan menjadi titik awal kita mempersiapkan calon guru profesional.
Lebih lanjut Wili mengatakan jumlah mahasiswa angkatan saat ini 1.600 orang, jumlah mahasiswa baru 419, jadi jumlah mahasiswa Tahun 2019. Jumlah dosen dan staf saat ini 120. Seluruh dosen sudah berkualisifikasi S2 atau magister. Tahun ini juga 3 orang telah di terima untuk menjadi kandidat doktor atau studi Doktor S3.
MABIM akan berlangsung selama 1 minggu, tujuan utama dari masa Bimbingan (MABIM) memperkenalkan kehidupan Kampus kepada calon mahasiswa, mempersiapkan calon mahasiswa untuk mengikuti kegiatan perkuliahan, praktikum, dan ekstrakulikuler. Keluarga STKIP Weetebula dengan gembira dan ramah menyambut dan menerima kehadiran adik-adik calon mahasiswa baru.
Di tahun ini untuk semua kegiatan perkuliahan sudah menggunakan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik), mulai jadwal kuliah, dosen siapa yang mengajar, jam berapa dan ruang mana bisa langsung di cek di SIAKAD. Namun kendala yang dihadapi adalah kabel telkom yang masih di Gokat bisa di sambung sampe ke Mananga Aba, sehingga mahasiswa tidak bolak balik kerja Tugas dari Mananga Aba ke Weetabula, ini juga mempermudah mahasiswa mengakses internet untuk mencari referensi perkuliahan.

Baca Juga :   KARAKTER GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK ADALAH YESUS

Ketua Panitia MABIM, Getrudis Kerans, S.Pd., M.Sc.

Sementara itu ketua paniti Getrudis Kerans, S.Pd. Msc mengatakan dengan tema MABIM mahasiswa Beriman, Tangguh, Kreaktif dan Berkarakter dalam semangat Bersama Kita Bisa, mahasiswa harus taat menjalankan keagamanan dan kewajiban menjalankan agama yang dipeluknya, mahasiswa yang tangguh harus mampu bersaing di era revolusi Industri 4.0. Menjadi mahasiswa yang berprestasi akademik, berkompotisi dengan teman kuliah dapat belajar mandiri, menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan dapat bekerjasama.mahasiswa harus mempunyai kreatifitas dalam banyak hal terutama dalam hal pendidikan. Mahasiswa juga harus berkarakter menjaga nama baik STKIP Weetebula dan harus Bersih, Jujur dan Mandiri.
Lebih lanjut Getrudis mengatakan bahwa jumlah mahasiswa yang Lulus Seleksi 419, namun yang ikut Mabim 365 orang, tapi jumlah ini masih bertambah karena mahasiswa yang sementara Registrasi di Bank. Dari jumlah ini terdistribusi ke 5 program studi (Prodi). Prodi Fisika 21, prodi Matematika 45, prodi PGSD 137, Prodi Agama Katolik 93, prodi Bahasa 68.
Erniati Gela mahasiswa prodi PGSD yang di wawancarai oleh media mengatakan bahwa saya masuk di kampus STKIP Weetebula karena inisiatif sendiri, saya bisa menjadi guru, karena guru adalah perkerjaan yang berat, namun untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa menjadi generasi penerus bangsa siap menerima dan belajar menjadi guru yang profesional di kampus ini.

This image has an empty alt attribute; its file name is IMG-20190715-WA0025-300x200.jpg


“Saya pilih kampus STKIP karena dekat, jadi jika saya kekurangan atau sakit orang tua atau keluarga bisa langsung datang tanpa mengeluarkan biasa yang banyak, jika dibandingkan kuliah di luar Sumba. Harapan saya bisa menyelesaikan studi ini tepat waktu, sehingga membanggakan orang tua dan keluarga” tuturnya.
Pantauan Media kegiatan Mabim berjalan lanjar, aman dan semarak, karena diiringi tarian dari UKM Seni Tari STKIP Weetebula yang memukau dan menghipnotis para undangan, pejabat STKIP dan tamu undangan lainnya.(Emil Buga),-

Ketua Panitia MABIM, Getrudis Kerans, S.Pd., M.Sc.

Leave a Reply

Your email address will not be published.