Kualitas Literasi Menjadi Perhatian Utama Di Sumba Timur

Wakil Bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuali memukul gong sebagai tanda resmi dibukanya kegiatan 

Waingapu-SJ…………….Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan Sekolah Dasar (SD) serta upaya peningkatan literasi Kelas awal berbasis KKG Kabupaten Sumba Timur serta memperingati hari Guru Nasional 2018, INOVASI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur serta mitra mengadakan Pameran Literasi dan Talkshow Gelar Karya Guru  yang diselenggarakan di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Jumat, 30 November – 01 Desember 2018 yang bertema “Bersama Tingkatkan Kapasitas Guru di Sumba Timur melalui Pengembangan Literasi Berbasis KKG.” Acara pembukaan Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Wakil Bupati Sumba Timur, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur, SekDis Pendidikan, Kepala Sekolah serta guru Se-Sumba Timur.

Kepala Dinas Pendidikan,  Yusuf Waluwanja, SH. M. Si dalam sambutannya menjelaskan kejadian dilapangan masih banyak siswa-siswa SD yang belum bisa membaca dan mengenal huruf.

“Tingkat atau kualitas pendidikan kita masih jauh dari yang diharapkan tentang kemampuan siswa dalam hal membaca dan menulis meskipun sudah menginjak kelas 3 SD, sehingga peningkatan kualitas pendidikan dibidang literasi menjadi hal utama untuk diperhatikan di Sumba Timur” ujarnya.

Yusuf juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada INOVASI yang sudah melakukan pendampingan kepada guru serta melihat kendala-kendala yang dihadapi dan membantu melihat permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan di Kabupaten Sumba Timur.

Provincial Manager Of Sumba, Hironimus Sugi dalam sambutannya menjelaskan kehadiran INOVASI di empat kabupaten di Sumba.

“Kehadiran INOVASI merupakan perjuangan antar empat Kabupaten merespon hasil studi di Sumba masih sangat rendah khususnya kelas dan ini merupakan capaian yang luar biasa sehingga pada hari ini kita dapat bertemu di tempat ini dengan jumlah yang sangat banyak, seluruh kabupaten di Sumba sudah memulai program ini  dan bapak dan ibu yang terlibat hari ini  pemegang mandat utama dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa sehingga dapat bersaingan di tingkat provinsi maupun nasional” tuturnya.

Baca Juga :   DESMA CENTER GELAR PELATIHAN BAGI GURU SMK PARIWISATA

Sambutan Bupati Sumba Timur yang diwakili oleh Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali, ST. MT sekaligus membuka kegiatan mengatakan kemampuan literasi di Sumba masih sangat minim sesuai dengan kajian dari lembaga Australia tentang pendidikan di Sumba,  sehingga masuknya program Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan dimana dapat kita dari perubahan ruang kelas hari ini menjadi lebih menyenangkan dengan memamerkan kreatifitas siswa sehingga siswa menjadi nyaman dan berkonsentrasi dalam ruangan dan harapannya hal seperti ini akan terus dilaksanakan walaupun program Inovasi sudah tidak ada lagi di Sumba.

Umbu Lili juga menyampaikan terima kasih kepada INOVASI yang sudah bekerja sama dengan pemerintah.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada INOVASI yang sudah bekerja sama sehingga kegiatan KKG bisa dilaksanakan dan apa yang menjadi harapan kita untuk menjawab meningkat kemampuan literasi bisa terwujud,” ungkapnya menutupi sambutannya.  (JSW),-