Kelurahan Kawangu Siapkan Karantina Mandiri Terpusat

Waingapu-SJ……..Kelurahan Kawangu Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur menginisiasi Karantina Mandiri terpusat melihat peningkatan trend pelaku perjalanan yang terus meningkat.  Melihat realita ini Pemerintah Kelurahan Kawangu juga menyadari tidak efektifnya pelaku perjalanan karantina mandiri dirumah dan tidak menjamin tidak menyebarnya virus. Wacana ini juga telah disepakati dalam rapat pembentukan  karantina mandiri terpusat bagi pelaku perjalanan dalam wilayah Kelurahan Kawangu yang berlangsung di Aula Kelurahan Kawangu, Selasa (05/05/2020) siang.

Lurah Kawangu, Umbu Horung Tangkoda menyampaikan kepada media ini bahwa wacana pembentukan karantina mandiri yang sudah disepakati akan sangat efektif memutus rantai penyebaran virus walaupun ditengah keterbatasan sumber daya dan logistik karena memiliki dana taktis.

“Gerakan ini tentunya akan lebih efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 ini dibandingkan dengan karantina mandiri dirumah” tutur Umbu Horung.

Umbu Horung mengatakan untuk pendanaan rencana karantina terpusat ini akan dilakukan secara swadaya dengan menggandeng semua stake holder yang ada di Kelurahan Kawangu sementara untuk tempat karantina mandiri terpusat akan ditempatkan di gedung Puskesmas Kawangu dan akan langsung menampung pelaku perjalanan setelah menempuh jalur penerbangan dan pelayaran dengan harapan dapat membantu meringankan beban pemerintah daerah melalui tindakan nyata.

Yeston Umbu Lapu Pura Tanya salah satu anggota DPRD Kabupaten Sumba Timur yang juga menghadiri pertemuan ini menambahkan bahwa tindakan nyata yang dilakukan oleh kelurahan Kawangu adalah sebuah tindakan nyata untuk kemanusian, sebagai langkah positif ini kita semua harus mendukung ini karena kelurahan kawangu menjadi kelurahan pertama yang berpikir untuk membuat karantina mandiri terpusat di tingkat Kelurahan.

“Melihat realita hari ini bahwa ditutupnya akses penerbangan dan pelayaran mungkin ini sedikit terlambat tapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali” tutup Yeston.

Baca Juga :   ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS COVID 19/CORONA POLRES SBD GELAR SOSIALISASI

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Yeston Umbu Lapu Pura Tanya, Anggota DPRD kab. Sumba Timur, Camat Pandawai, Kapolsek Pandawai, Danposramil Pandawai, Kepala Puskesmas Kawangu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan RT/RW se-Kelurahan Kawangu. **** (Lid),-