Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia Gelar Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional

Suarajarmas.com – Dalam rangka memperkenalkan bahasa Jerman dan budayanya kepada  peserta didik di daratan Sumba yang akan membuka peluang berkarir dalam bidang pendidikan dan pariwisata jika mahir berbahasa Jerman, Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) kembali lagi menggelar Olimpiade bahasa Jerman tingkat nasional – Nationale Deutscholympiade (NDO).  Peserta NDO 2024 ditentukan terlebih dahulu secara regional dan akan mewakili provinsi atau wilayahnya masing-masing pada babak penyisihan Regionale Deutscholympiade (RDO) 2023. Jumlah peserta yang dikirim dari setiap provinsi untuk mengikuti babak penyisihan ditentukan oleh panitia di provinsi atau wilayahnya masing-masing.

NDO merupakan uji kompetensi bahasa Jerman tingkat nasional yang mengacu pada standar internasional CEFR jenjang A2.  Jumlah peserta yang mewakili setiap provinsi untuk mengikuti babak final NDO 2023 ditentukan berdasarkan kuota yang telah ditetapkan oleh panitia dan pengurus pusat IGBJI bersama pusat kebudayaan Jerman Goethe Institut Indonesien.

Untuk diketahui, tahun 2018 babak penyisihan perdana olimpiade bahasa Jerman sedaratan Sumba diselenggarakan di SMK swasta Pancasila Tambolaka Sumba Barat Daya dimuliakan dengan berbagai lomba keterampilan lainnya, yaitu lomba cerdas cermat bahasa Jerman, kuis rangking 1, lomba pop singer lagu-lagu bahasa Jerman serta lomba baca puisi bahasa Jerman. Kemudian tahun 2019 diselenggarakan di SMA khatolik Andaluri Sumba Timur yang dimeriahkan  dengan lomba cerdas cermat bahasa Jerman dan lomba vokal group lagu-lagu bahasa Jerman. Karena masa pandemi tahun 2020 olimpiade diselenggarakan secara virtual atau daring yang berpusat di SMA Negeri 1 Waikabubak Sumba Barat. Tahun 2021 dan 2022 di selenggarakan secara virtual atau daring dari tempat masing-masing peserta lomba.

Pada tahun ini (2023)  para pembelajaran bahasa Jerman terbaik dari berbagai sekolah di Sumba kembali mendapat kesempatan untuk saling bertemu di ajang olimpiade bahasa Jerman tingkat provinsi region Sumba. Mereka dituntut untuk membuktikan sejauh mana pengetahuan dan kemampuan mereka tentang bahasa dan kebudayaan Jerman.

Baca Juga :   SUARA HATI SDN KADELU KUTURA

Dalam perlombaan kali ini dua orang pelajar Bahasa Jerman terbaik dari seluruh Sumba akan dipilih sebagai pemenang dan melanjutkan ke olimpiade bahasa Jerman tingkat nasional tahun 2024. Dengan tersalurnya minat peserta didik dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik sehingga pembelajaran bahasa Jerman di Sumba menjadi lebih baik serta siap bersaing ke ajang yang lebih tinggi.

Penyelenggaraan RDO tahun 2023 ini diseleggarakan oleh IGBJI Cabang Sumba dengan Ketua Panitia P, Dominikus Rihi Mone, S.S.,B.Th.,MA.,CSsR., yang melibatkan SMA/SMK se-daratan Sumba. Waktu kegiatan direncanakan pada tanggal 25 November 2023 di SMA Kristen Laikaruda Kabupaten Sumba Tengah.

Pantauan media ini, Ketua Komunitas UM. Eny Widyaningsih, S.Pd., mengatakan jenis kegiatan yang akan dilombakan pada Olimpiade Bahasa Jerman yaitu Pop Singer dan Musikalisasi Puisi. Jumlah sekolah yang sudah mendaftar 24 sekolah.

“Peserta yang akan mengikuti lomba terdiri dari 72 orang mengikuti lomba Olimpiade Bahasa Jerman, 24 orang mengikuti lomba Musikalisasi puisi, dan 24 orang mengikuti lomba Pop Singer” ungkap Eny, Selasa (24/10/2023) melalui pesan Whats App. *** (Red/001-23).-