Etika Dalam Pemotretan Harus Dijaga

Ester Dada Gole, SP., saat membawakan materi pemotretan dalam pelatihan Jurnalistik di hotel Sumba Sejahtera

Tambolaka-SJ…………… Dalam memotret kita harus memperhatikan pemandangan karakter,  seni budaya dan juga menjaga etika dalam pemotretan.  Pada saat memotret jangan tergesa-gesa/buru-buru dan pastikan momen tersebut pas untuk dipotret, karena tidak akan terulang lagi. Demikian diungkapkan Ester Dada Gole, SP saat membawakan materi tentang Foto dalam Jurnalistik pada Selasa, 17 Juli 2018 kemarin di aula hotel Sumba Sejahtera.

Plt. Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), selain menjadi penyelenggara juga menjadi narasumber bersama Tony Kleden dalam kegiatan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang komunikasi dan informatika yakni pelatihan jurnalistik bagi media cetak/elektronik tingkat kabupaten Sumba Barat Daya tahun anggaran 2018.

Salah satu peserta pelatihan saat berdiskusi dengan narasumber

Kegiatan ini sendiri dibuka dengan resmi oleh kepala dinas Kominfo SBD, Drs. Andreas Bora Dendo yang diikuti oleh media Pos Kupang, Victory News, Timex, Pena Sumba, Sumba Pasola dan Suara Jarmas. Dalam penyampaiannya Andreas mengatakan jurnalis dan media adalah mitra kami, mereka telah mendukung dan membantu pemerintah dalam pembangunan Daerah ini.

“Wartawan adalah teman kami,kami belum menfasilitasi teman-teman dalam menjalankan tugas Jurnalis seharusnya itu adalah tugas kami menfasilitasi, seharusnya ada ruangan media center untuk bekerja” ungkapnya.

Pelatihan ini sendiri  berlangsung selama 1 hari penuh dengan narasumber dalam kegiatan ini Tony Kleden Wakil Ketua PWI NTT sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Kabar NTT dan  Ester Dada Gole, SP.,  Plt. Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Sebenarnya jadi Wartawan tidak sulit, karena kerja wartawan hanya menulis sedangkan kegiatan menulis kita lakukan tiap hari,namun jadi wartawan harus berpedoman pada 5W( What, Why, Where, When, )+ 1 H(How)” ungkap Tony dalam pemaparan materinya.

Baca Juga :   FPWK Perangi Sampah Di Pantai Londa Empat
Berfoto bersama narasumber, kominfo SBD dan para jurnalis usai pelatihan

Dalam pemaparan materinya Tony Kleden lebih menekankan teknik dalam penulisan  Berita Online. Sekarang jaman teknologi kemana-mana saja orang bisa akses berita dan lebih lancar berita online, karena berita online merupakan stright News yang langsung di laporkan kepada publik.

Salah satu peserta wartawan Suara Jarma Sepri TM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Komonikasi dan Informatika yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini karena dirasa banyak manfaatnya bagi wartawan-wartawan local di daratan Sumba khususnya SBD.

“Terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan materi kepada kami, ini merupak kegiatan yang bagus dan perlu ditiru oleh kabupaten lain di Sumba, yang sudah  membekali dan memberikan ilmu kepada kami wartawan untuk menjalankan tugas Jurnalistik” ungkapnya.(EB),-