Domi Dapa, Putra Pertama Tana Righu Caleg DPRD Provinsi

Dominikus Bulu Dapa, A.Md, caleg DPRD Provinsi asal Tana Righu

Tana Righu-SJ……………..Calon DPRD Provinsi Dapil Sumba Dominikus Bulu Dapa, A.Md nomor urut 6 dari Partai Gerindra melakukan pertemuan Keluarga Terbatas di Tana Righu Sabtu 23/02/2019. Hadir dalam kesempatan ini para tokoh adat se-Tana righu, Para Toko Masayarakat se-Tana Righu, Tokoh pemuda dan beberapa tamu undangan dari partai Politik Gerindra dari DPC kabupaten, PAC kecamatan dan beberapa tamu dari Loura dan Palla.

Dalam Arahan Politiknya Domi Dapa mengatakan bahwa tujuan saya dalam mengikuti Pemilihan Legislatif adalah mensejahterakan masyarakat Sumba. Sebelumnya saya orang birokrasi di Perhubungan Laut yaitu kepala Syahbandar di beberapa tempat yaitu Bima, Rote, Flores dan Kupang.

“Dari pengalaman yang saya emban sebelumnya jika Tuhan berkehendak saya duduk maka saya akan kembali membangun hubungan dengan kementerian. Saya akan menampung aspirasi rakyat untuk di bawa dalam rapat Dewan Jika saya duduk di kursi Dewan” ungkapnya.

Tokoh masyarakat Tana Righu menyatakan sikap mendukung dan menangkan caleg Domi Dapa

Lebih lanjut Domi Dapa mengatakan bahwa Dewan tidak memiliki program, tidak memiliki uang semuanya milik Pemerintah hanya dewan mengawasi dan memutuskan. Dewan dan pemerintah bersinergi dalam menjalankana program dan memutuskan rancanagan. Tugas Utama Dewan ada 3 yaitu 1) Tugas legislasi yaitu membuat Undang-Undang untuk DPR RI, kalau DPRD Provinsi dan Kabupaten membuat PERDA (Peraturan Daerah) 2) Tugas penganggaran adalah pemerintah membuat rancangan penganggaran setiap program dewan memiliki tugas menyetujui dan memutuskan. 3) Tugas pengawasan adalah setiap program yang dikerjakan oleh pemerintah diawasi oleh Dewan.

“Seandainya Tuhan berkehendak saya duduk maka saya akan bekerja sama dengan Kementrian terkait untuk infastruktur, jalan propinsi, sekolah SMA/SMK yang menjadi kewenangan Provinsi, Air, Listrik dan Kesehatan, sekali lagi saya katakan saya tidak janji, jika Tuhan berkehendak saya duduk saya akan membawa aspirasi bapak mama karena Dewan tidak memiliki program tapi Pemerintah yang memiliki namun saya akan membangun kerja sama yang baik dengan Pemerintah, selain infrastruktur masalah perbatasan di tiga wilayah yaitu Kabupaten SBD, Sumba Barat dan Sumba Tengah yang akan menjadi perhatian serius jika saya duduk di kursi Dewan sehingga saudara-saudara yang berada di perbatasan memiliki legalitas hukum yang resmi ujarnya mengakhiri arahan politiknya didepan ratusan pendukungnya.

Baca Juga :   Pemuda Asal Malaka, Adi Bere Angkat Bicara

Sementara pada kesempatan yang sama tokoh masyarakat Tana Righu Dominikus Ana Tena mengatakan bahwa para leluhur dulu berkumpul dari berbagai Suku yang ada di Tana Righu mendiskusikan terbentuknya Persatuan Tana Righu ( PTR) dan pada saat itu langsung membagi wilayah sesuai dengan Suku yang ada di Tana Righu untuk menjaga persatuan dan kesatuan Tana Righu.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami baru kali ini ada orang asli Tana righu yang masuk calon Dewan Provinsi dan ini merupakan sejarah, kami sepakat untuk memenangkan pak Domi Dapa di wilayah Tana righu dengan berbagai dukungan, kami akan kerja keras untuk pak Domi” ujarnya pasti. (EB),-

Leave a Reply

Your email address will not be published.