ANGGA APRESIASI PELAKSANAAN PACUAN KUDA KAPOLRES CUP 2022

Loura-SJ………….. Open turnamen pacuan kuda Kapolres Cup 2022 yang diselenggarakan di Omba Calo, Desa Karuni Kecamatan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur, dari tanggal 15 – 22 Juni 2022 berjalan sukses, aman dan menjadi hiburan bagi masyarakat setelah kurang lebih 6 tahun tidak diselanggarakan.  

Anggota DPRD Provinsi NTT dari PDIP, Dominikus Alphawan Rangga Kaka,  S.IP., yang turut hadir pada partai final memberi apresiasi atas suksesnya pelaksanaan open turnamen pacuan kuda Kapolres Cup 2022 tersebut.

“Turnamen pacuan kuda Kapolres Cup ini kami sangat mengapresiasi karena semenjak COVID-19 melanda SBD, baru pertama kali dilaksanakan even seperti ini, yang mana berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya pada awak media, Rabu (22/6/2022).

Angga sapaan akrab anggota DRPD Provinsi asal SBD ini menjelaskan turnamen ini perlu didukung kedepannya dan menjadi hajatan rutin tiap tahun. Untuk masalah keamanan, pelaksanaan turnamen dari awl hingga final saat ini dapat berjalan dengan baik, aman dan nyaman, karena adanya dukungan dari semua elemen masyarakat yang turut berpartisipasi meramaikan event olah raga pacuan kuda ini.

Sebagi pencinta olah raga pacuan kuda, dirinya berharap turnamen pacuan kuda ini menjadi even rutin yang dilakukan tiap tahunnya  maisng-masing kabupaten di Pulau Sumba khususnya SBD.

Untuk arena pacuan kuda Omba Calo yang baru perdana melaksana turnamen ini, Angga berharap kedepannya perlu dibenahi, apalagi SBD berada di ujung barat Pulau Sumba dan dekat dengan Labuan Bajo, merupakan pintu masuk pariwisata Pulau Sumba, sehingga perlu ditata untuk menjadi arena pacuan kuda berstandar nasional.

Dominikus Alphawan Rangga Kaka,  S.IP., (kanan)  anggota DPRD Provinsi NTT

“Untuk mewujudkan itu semua tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak khususnya Pemerintah, untuk dana APBD II dan APBD I terbatas, kita berharap kedepan bisa  lobi APBN dan pihak lain yang berkepentingan” pungkasnya.

Baca Juga :   PENETAPAN KEPUTUSAN KPU SBD TENTANG PILKADA 2018

Untuk diketahui open turnamen pacuan kuda Kapolres Cup ini diikuti oleh 194 ekor kuda pacu yang berlaga, dimana pesertanya berasal dari berbagai kabupaten. Selain turamen pacuan kuda, masyarakat juga disuguhi hiburan malam dan masyarakat sekitar bisa berjualan makanan dan minuman di saat pelaksanaan turnamen. Keamanan bagi peserta dan masyarakat sangat terjamin berkat dukungan keamanan dari Polres SBD, Batalyon Brimob Kompi C SBD dan tokoh masyarakat setempat. *** (Octa/002-22).-