Wabup Toni Siap Bertarung Pada Pilkada Sumba Barat

Waikabubak-SJ………………Suhu dan Situasi menjelang Pilkada Sumba Barat Kian memanas. Para balon bupati telah melamar dan meminang yang akan mendampinginya pada Pilkada serentak 2020. Untuk saat ini pasangan pilkada sudah memiliki 3 paket yaitu Paket Animo (Daniel Bili-Timotius Ragga), Paket Jhon-Jhon (Johanes Dade-Johanes Lado)  dan Paket Niga Oris (Agustinus Niga Dapawole-Gregoris H.B.L Pandango).

Selain ketiga paket yang sudah siap bertarung tersebut, masyarakat Sumba Barat masih menunggu kepastian Wakil Bupati Marthen Ngailu Toni, SP untuk mennetukan sikap ikut bertarung atau tidak dalam Pilkada Sumba Barat tahun 2020 ini. Dengan tidak jadinya pasangan jilid 2 bersama bupati Niga yang telah resmi melamar Oris Pandango, Toni dipastikan harus maju sendiri dalam Pilkada tersebut.

Wakil bupati Marthen Ngailu Toni, SP yang dihubungi media melalui pesan Whats App mengatakan siap maju pada pemilihan Bupati dan wakil bupati Sumba Barat tahun 2020 periode 2020-2025.  

“Pada prinsipnya, saya siap maju sebagai pemimpin pelayan rakyat Sumba Barat, siap maju sebagai calon bupati Sumba Barat, ini didasari oleh pengalaman saya  pada posisi sekarang (wabup) adalah kesempatan emas dalam artian bekerja sambil belajar untuk menjadi pelayan dan pemimpin yang baik”  kata Toni melalui pesan WhatsApp dengan media ini, Rabu 12 Februari 2020.

Toni menjelaskan  dari hasil belajar inilah dirinya sangat mengerti menjadi pemimpin yang melayani masyarakat secara berkualitas. Membangun dan mensuport mereka agar mandiri dan sejahtera tanpa basa-basi,  apalagi manipulatif hanya karena mau mendapatkan jabatan.

Saat ditanya terkait jalur mana atau pintu masuk mana yang akan digunakan Toni menjawab lewat jalur mana.  

“Saya serahkan pada kehendak Tuhan serta gerak dinamika politik yang berkembang saat ini. Jika Tuhan berkenan, tidak ada yang tak mungkin bagiNya, sebab jika Tuhan sendiri yg membukakan pintu, siapakah yang dapat menutupnya” tegasnya.

Baca Juga :   Saya Akan Kerahkan Semua Tenaga, Materi & Pikiran Saya Untuk HANURA

Lebih lanjut Toni mengatakan saat di tanya bakal pasangan wakil yang akan mendampinginya,  mengenai calon wakil, kita akan berproses sesuai dinamika politik, saya tidak mau terjebak pada frame yang sempit atau saya tidak mau terjebak pada frame suku, agama, ras ataupun golongan.

“Yang terpenting adalah orang yang memiliki kapasitas, kapabilitas, integritas dan kemampuan leadership serta punya potensi yang besar untuk membangun daerah ini (Sumba Barat), bukan orang yang hanya mementingkan pribadi dan golongannya saja” tuturnya.

Toni juga  menghimbau agar rakyat Sumba Barat menjaga suasana yang kondusif dan aman, tidak boleh terprovokasi, tidak boleh saling menghina dan menjelekkan. Pilkada adalah pesta rakyat, oleh karena itu harus bergembira dan berpikir positif menyambutnya. Dan jangan lupa, harus jeli melihat calon pemimpin, harus menelisik rekam jejaknya sehingga mendapatkan pemimpin yang berkualitas, pemimpin yang melayani, bukan pemimpin yang haus kuasa dan berorientasi pada kekuasaan.****

Liputan: Emil Buga,-

Leave a Reply

Your email address will not be published.