SOSIALISASI PEMBINAAN DAN PENGAWASAN ORMAS TINGKAT KABUPATEN SBD

Tambolaka-SJ………. Bertempat di aula Kawona Beach jln. Pantai Kawona Kecamatan Kota Tambolaka  Kabupaten Sumba Barat Daya  (SBD),  pada Kamis (2/12/21) pukul.09.00 Wita dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Organisasi Masyarakat ( ORMAS) Tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Kaban Kesbangpol SBD,  Vincentius Kaka S.Th, Kasdim Mayor Czi Sunoko, Waka Polres SBD Kompol Yosef Taus Tillis, Ketua Ormas dan LSM Se-kabupaten SBD, Sekjen DPP LBHS,  Solaiman Ullu Male, S.Pd.K, dan beberapa ketua yayasan yang ada di SBD.

Dalam arahannya Wakapolres SBD, Kompol Yosef Taus Tillis mengatakan yang hadir di sini punya jalur yang berbeda-beda,  tapi itu pasti satu tujuan yaitu sebagaimana yang sudah digariskan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.   

“Kita adalah tameng itu yang harus kita pegang,  sekali lagi cara tempat dan wadah kita berbeda-beda tetapi satu tujuan” tuturnya.

Lebih lanjut Wakapolres mengatakan, kami melihat di Kabupaten SBD kegiatan masih berjalan dengan baik dan di sini kita mempunyai tanggung jawab masing-masing untuk mempertahankan NKRI.

Wakapolres menjelaskan, sebagai bentuk pengawasan kita harus membantu secara garis besar Ormas yang dibentuk oleh Pemerintah,  tujuannya untuk membangun mendukung pemerintah supaya bisa berkembang seperti daerah-daerah lain.  

“Untuk itu tempatkan orang-orang,  kepengurusan yang bisa bertanggung jawab dan apabila menyimpang dari kegiatan kepengurusan ini,  disitulah hukum akan bertindak,  itulah kami dari Kepolisian” jelasnya.

Sementara itu Kasdim 1629/SBD,  Mayor Czi Sunoko dalam arahannya menuturkan  Omas itu adalah mitra kerja, untuk itu visi dan misi masyarakat sesuai dengan tugasnya masing-masing yang tujuannya adalah memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa indonesia.

Kata Sunoko, Ormas adalah komponen cadangan,  maka dari itu sebagai komponen cadangan ini harus sehat dalam berkegiatan,  karena kalau tidak sehat,  kita bubarkan saja,  untuk itu marilah kita bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga :   PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS DAN INKLUSIF

“Sekecil apapun peran kita adalah penting maka dari itu keberadaan Ormas sewaktu-waktu kita butuhkan harus siap dan tidak lain tujuannya demi kepentingan bangsa dan mensejahterakan masyarakat. Kalau masyarakat sudah sejahtera pembangunan Daerah akan meningkat” ujarnya.

Sunoko juga mengingatkan, Ormas dalam garis besar jangan melupakan visi dan misi yang tujuannya hanya untuk mensejahterkan dan mendukung pemerintah daerah agar bisa berkembang.

Di tempat yang sama Kaban Kesbangpol SBD, Vincentiu Kaka S.Th., menjelaskan visi dan misi tujuan dan program kerja dan segala macam yang berkaitan dengan itu mencermati kehadiran kita dalam membentuk sebuah organisasi tentu ada banyak hal yang perlu untuk kita selalu perhatikan organisasi masyarakat ini merupakan sebuah organisasi yang didirikan atau dibentuk oleh masyarakat secara sukarela.

Berdasarkan kesamaan aspirasi kebutuhan kepentingan kegiatan dan tujuan Ormas berpartisipasi secara aktif dan berdaya guna dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan tujuan dari negara kesatuan Republik Indonesia dalam lingkup yang lebih luas dan tujuan dari kabupaten kita dalam lingkup yang lebih sempit.

“Tadi sudah ditegaskan juga oleh Bapak Kasdim dan Bapak Wakapolres bahwa semuanya harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.  Kemudian ada beberapa perubahan pemerintah yang mengatur tentang ormas ini dari UU No. 17 tahun 2013.  Dengan Peraturan Pemerintah pengganti undang-undang itu hal itu berkaitan dengan beberapa hal yang tidak secara signifikan ditegaskan dalam UU Nomor 17 tahun 2013 tadi kemudian disempurnakan atau ditambahkan pada peraturan pengganti Undang-Undang nomor 2 tahun 2017” jelasnya.

Kaban Kesbangpol SBD menutup sambutannya dengan impian supaya tugas dan peran kita masing-masing mampu melakukan hal-hal yang membuat kita lebih baik lagi dari hari-hari sebelumnya ke masa yang akan datang, oleh karena itu kami di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik berupaya untuk mensejahterakan Masyarakat dan membangun Wilayah SBD. *** (Octa/002-21),-