SLD ORANG MUDA YANG PEDULI PENDIDIKAN

Tambolaka-SJ …………… Kualitas Sumber Daya Manusia harus dipersiapkan untuk mencapai  sebuah kondisi pada suatu daerah yang makmur dan sejahtera, tanpa Pendidikan kita akan tertinggal dan digilas oleh kemajuan Zaman. Sumber daya manusia merupakan faktor yang paling mempengaruhi dalam kehidupan berbangsa dan Bernegara.

“Kualitas manusia untuk mempengaruhi alamnya menunjukkan bahwa posisi SDM sangat sentral adanya, dengan tersedianya Sumber daya Alam dan Potensial Sumber Daya Manusia yang berkualitas akan  dengan mudah mencapai kesejahteraan dan kemakmuran” ungkap DR. Soleman Lende Dappa, S.Hut dalam Acara Natal Bersama Keluarga Besar Lingkup Yayasan Tunas Timur, beberapa waktu lalu di aula Hotel Sinar Tambolaka.

Lebih lanjut Soleman Lende Dappa atau biasa disapa SLD mengungkapkan kemampuan mendirikan sekolah bukan karena diri saya orang mampu justru saya masih memiliki keterbatasan kemampuan, saya tidak sanggup melihat potret anak anak desa yang belum mendapatkan pendidikan yang layak karena keterbatsan ekonomi yang dimiliki.

SLD sangat menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi semua orang untuk dapat keluar dari himpitan ekonomi yang serba kekurangan.

Sebanyak 55 buah sekolah yang terdiri dari 3 tingkatan sekolah SD, SMP dan SMA/SMK yang beliau dirikan semua tersebar di Kabupaten Sumba Barat Daya bukan lain adalah sebagai bentuk  wujud kepeduliannya terhadap orang kecil untuk dapat menyekolahkan anaknya dengan baik, selain dari pada itu sudah barang tentu pasti akan menyedot tenaga kerja yang banyak.

“Meskipun SLD memiliki jaringan diluar Sumba, Sekolah yang dibawah naungan Yayasan Tunas Timur tetap mengoptimalkan tenaga pengajar Lulusan Sarjana yang semuanya berasal dari putra-putri daerah kabupaten SBD, ,”ungkap Jeni Salah satu Staf Yayasan Tunas Timur.

Meskipun Mendapat penghargaan dari MURI sebagai pendiri sekolah terbanyak tetapi seorang SLD tidak menjadi tinggi hati atau berbangga diri yang sudah dicapainya.

Baca Juga :   UNITRI MALANG BANGUN KESEPAKATAN DENGAN PEMDA NGADA

“Kebanggaan saya adalah kalau Yatutim bisa melahirkan atau menciptakan anak –anak didik yang terbaik, potensial, berkualitas dan berintegritas untuk kemajuan daerah. Dan ini sudah tentu akan kami lakukan,”tegas SLD.

“Saya hanya orang kampung yang memiliki keterbatasan, tapi saya memeiliki kepedulian terhadap orang kecil yang tak bisa mengenyam bangku pendidikan secara baik, banyak tenaga potensial di daerah yang belum mendapat kesempatan kerja, kepedulian terhdap Gaji guru yang kurang memadai, itu yang mendorong saya untuk melakukan hal itu,”ungkap SLD ringan.

Pengakuan yang sama oleh Aloysius Malo Dadi bahwa SLD merupakan sosok orang muda yang energik, cerdas yang peduli terhadap dunia Pendidikan, karena Beliau (SLD) sadar tanpa pendidikan tidak mungkin adanya perubahan kearah yang lebih baik.  (Tim-SJ),-