Sinergitas TNI-Polri dan Kementerian Kesehatan

Waingapu-SJ…………..  Puskemas Karera gelar vaksinasi COVID-19 dosis 1 Astra jeneka untuk masyarakat secara umum di kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur Sabtu (30/10/21).

Bekerja sama Polsek dan Koramil 06 Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur,  kegiatan ini berlangsung sejak pukul 17:00 di desa Ananjki Dusun Taimanu Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur.

Harapannya adalah membangun kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya vaksin di masa sekarang ini untuk menjaga kesehatan masyarakat serta  untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang masih terus mewabah.

Menurut perawat Puskesmas Nggongi Novita Ariani Pohan (S.Kep). pelaksanaan vaksinasi di kecamatan Karera mencapai 2.200 orang yang sudah di vaksin dosis satu dan dosis dua. Program vaksinasi ini merupakan program pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan semua lini turut bertanggung jawab mengambil sikap mematuhi protocol kesehatan serta memperkuat imun tubuh melalui vaksinasi untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

Lanjut  Novita, Animo masyarakat untuk mematuhi protocol kesehatan berperan penting dalam menekan laju penularan COVID-19.  Satgas penenganan COVID-19 menekankan prinsip 3K (Komnikasi,Koordinasi dan Kolaborasi).  Keterbatasan sarana dan prasana bagi masyarakat di desa tentunya merupakan kendala untuk mencegah penyebaran COVID-19. 

“Oleh karena itu kami mempunyai inisatif untuk mendatangi masyarakat perdusun di setiap desa demi memperlacar penyaluran distribusi vaksinasi” katanya.

Tim dari Polsek Karera, Bripka  Ivan Florianus Hartono Muda atau biasa di sapa (Ivan Muda) pangkat mengatakan tiga lini yang dipercayakan oleh negara (TNI, POLRI dan Kementrian Kesehatan)  terkendala dengan animo masyarakat untuk siapkan dirinya di vaksin, masyarakat mengatakan takut di vaksin, takut di suntik, takut terjadi sesuatu yang diluar kendali tenaga medis.

TNI POLRI berperan sebagai tim pengawasan yang bergabung dalam tim treser dan bergabung juga dalam Tim vaksin yang diperintahkan oleh atasan. Sejauh berjalan di Kecamatan Karera kami tetap melaksanakan tugas dengan tiga lini ini secara humanis bahwa masyarakat harus di vaksin COVID-19.   

Baca Juga :   Darurat DBD Vs Minimnya Alat Foging Pembasmi Nyamuk DBD

“TNI POLRI akan terus mengawal sampa tuntas” ungkap Ivan Muda.

Hal senada juga disampaikan oleh Serda Ferdinan Korandilu Babinsa Koramel 06 Karera mengenai animo masyarakat yang perlu diperjelas secara pragmatis agar tidak terpaku pada berita bohong yang beredar dan terus membelenggu kesadaran masyarakat.

Kata Ferdinan, kami berharap agar masyarakat ikut mengambil sikap mematuhi anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pemulihan ekonomi masyarakat dan kami meminta agar masyarakat berkenan memberi diri untuk di vaksin.

“Inisiatif TNI POLRI terus melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat agar masyarakat tidak terkonversi berita bohong. Proses ini terus kami kawal sampai tuntas dan jika masih ada masyarakat yang tidak mematuhi anjuran pemerintah akan ada kebijakan dari TNI POLRI untuk melakukan tilang surat vaksin: jelasnya *** Deni/007-21),-