PESAN NATAL DAN TAHUN BARU DANDIM 1629 SBD

Dandim 1629/SBD, Letkol Kav Sigit Priyo Utomo

Tambolaka-SJ………………. Dandim 1629/SBD Letkol Kav. Sigit Priyo Utomo berpesan pada masyarakat Sumba Barat Daya (SBD) agar dalam perayaan Natal 25 Desember 2019  dan Tahun Baru 1 Januari 2020 masyarakat SBD merayakannya dengan penuh suka cita tanpa harus melakukan hal-hal yang mengganggu keamanan dan kenyamanan SBD.

Demikian diungkapkannya di kantor Dandim 1629/SBD didampingi Kasdim Mayor Sunoko dan Pasi Lettu Abdul Mukib didepan awak media. Letkol Sigit berharap melalui momen perayaan Natal dan Tahun Baru ini menjadi semangat baru bagi masyarakat dan Pemerintah SBD dalam membangun SBD yang lebih baik kedepannya.

Letkol Sigit menghimbau agar masyarakat dalam merayakan Tahun Baru tetap patuh pada aturan khususnya dalam berkendaraan (pawai kendaraan) serta memeriahkannya dengan petasan dan lain sebagainya. Kodim 1629/SBD akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan Polres dan Pol PP  guna mewujudkan perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman, tertib dan nyaman sehingga pelaksanaan ibadah Natal maupun Tahun Baru berjalan lancar.

(ki ke ka) Dandim 1629/SBD, Letkol Sigit saat bincang-bincang dengan awak media didampingi Kasdim Kodim 1629/SBD, Mayor Sunoko, Pasi Kodim 1629/SBD Lettu Abdul Mukibdan Wartawan Menara Sumba.

Dirinya juga berharap agar Pemda sesegera mungkin membantu kemanan dengan maslaah penerangan khususnya dijalan-jalan besar/umum. “Kami berharap Pemda dengan menggandeng PLN untuk sesegera mungkin menerangi sektor-sektor vital karena itu secara langsung mengurangi tindakan kriminal” ungkapnya.

Lebih lanjut Letkol Sigit juga menghimbau agar masyarakat SBD bisa menciptakan peluang pekerjaan sendiri. Caranya adalah dengan swasembada ternak. Jangan sampai ternak mahal karena harus beli dari luar daerah.

“Kami akan lakukan sosialisasi pada masyarakat bahwa adat-istiadat tidak bisa dihilangkan, tapi kita akan mengurangi dari biaya pembelian ternak sehingga menjadi beban ekonomi masyarakat. Ini juga merupakan salah satu faktor adanya pencurian ternak karena kebutuhan yang mendesak untuk adat istiadat tersebut” tuturnya lebih lanjut.

Baca Juga :   TNI-POLRI GELAR PENGAMANAN OPERASI KETUPAT TURANGGA TAHUN 2022 DI SBD

Dirinya juga berjanji akan mendukung program Bupati dan Wakil Bupati SBD khususnya dalam program 7 Jembatan Emas. Faktor kemananan dan kenyamanaan sangatlah penting dijaga agar investor dari luar yang masuk ke SBD untuk mengembangkan usaha bisa  merasa aman.

Ketika media menanyakan alasan Panglima TNI dan Kapolri mengunjungi NTT untuk pantau persiapan keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru, dirinya mengatakan khusus untuk SBD angka kriminalnya tinggi, khususnya pencurian ataupun perkelahian antar kampung dan perorangan sehingga  salah satu alasan didirikannya Kodim di SBD untuk ikut menjamin kenyamanan masyarakat SBD.

“Ini merupakan bentuk perhatian TNI/Polri untuk memastikan keamanan di NTT. Kita akan mendukung Pemerintah dalam segi kemananan ini dan juga kita akan sebar Babinsa sampai ke pelosok-pelosok desa, sehingga mereka akan secara preventif mencegah adanya kejadian-kejadian yang mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat” tutupnya.*****

Liputan: Octa Dapa Talu,-