Pesan Kapolsek Loli Pada Gelaran Upacara Wulla Poddu

Waikabubak-SJ………………. Masih dalam rangkaian upacara adat Wulla Poddu yang tengah dilakukan oleh para penganut kepercayaan Marapu di Pulau Sumba beberapa hari ini, khususnya di Sumba Barat, Kapolsek Loli memberi pesan-pesan Kamtibmas dalam  rangkaian upacara adat Wulla Poddu yang telah memasuki puncak acara yang biasa disebut dengan Kalango Lado.

Hal ini disampaikan oleh Kapolsek Loli Bertolomeus Tia, SH., pada Minggu ( 24/11/2019) saat upacara adat Wulla Poddu di Kampung Tambera, Desa Doka Kaka, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat yang dimulai sekitar pukul 18.00 Wita.  

Dihadiri dan disaksikan oleh masyarakat sekitar serta para wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung setiap prosesi ritual yang dilakukan, gelaran Kalango Lado dibuka oleh Rato Uma Tambera. Mendapat kesempatan memberikan sambutan yakni Kapolsek Loli Bertolomeus Tia, S.H dan Kepala Desa Doka Kaka.

Dalam sambutannya, Kapolsek Loli berkesempatan menyampaikan pesan dari Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si terkait menjaga kestabilan situasi Kamtibmas selama gelaran upacara adat Wulla Poddu atau Kalango Lado berlangsung.

“Kita harus menghormati dan menghargai setiap prosesi upacara adat Wulla Poddu yang sakral ini dengan tidak mengkonsumsi minuman keras selama berlangsungnya acara. Seperti yang kita tahu bersama bahwa upacara adat ini merupakan warisan budaya nenek moyang yang harus kita jaga dan lestarikan bersama”  tuturnya.

Tak hanya memberikan sambutan kamtibmas saja, Kapolsek Loli bersama para personelnya juga bertanggung jawab atas keamanan selama berlangsungnya upacara adat Wulla Poddu.***

Liputan: Yunia Boling,-

Baca Juga :   INSAN PERS NGOPI BARENG KAPORLES SB