PERLOMBAAN MENU DAN MASAKAN PANGAN LOKAL

Tambolaka-SJ………………. Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia,  Dinas Ketahanan Pangan Sumba Barat Daya (SBD) gelar perlombaan Menu Pangan Lokal dan Masakan Khas Menu Lokal bertempat di Puspem Kadul, Selasa (16/1018).

Bupati SBD, Markus Dairo Talu saat membuka kegiatan Hari Pangan Sedunia

Dalam sambutan Bupati SBD,Markus Dairo Talu mengatakan bahwa pangan merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar sebagai bagian dari hak azasi setiap Individu yang tidak ada pengantinya. Sebagai gambaran bila satu hari kita tidak mengkonsumsi beras, maka kita menghemat sekitar 400 juta rupiah. Bupati mengingatkan untuk mendorong pemenuhan kebutuhan konsumsi keluarga, agar memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan budidaya aneka tanaman pangan, sayuran, ternak dan Ikan.

Lebih lanjut Bupati mengatakan kita sadari atau tidak setiap hari terus terjadi peningkatan kebutuhan terhadap pangan seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Peningkatan kebutuhan pangan bukan hanya dalam jumlahnya tetapi juga dalam hal kualitas (Mutu dan Keamanannya).

“Kondisi ini tentu membutuhkan upaya dan perhatian yang serius dalam penanganan dan peningkatan laju produksi atau ketersediaan,  distribusi dan konsumsi pangan” ujar Bupati Markus.

Sementara itu salah satu ketua kelompok Efata II dari desa Ramadana  Margaretha Koni Nani yang di wawancara oleh media ini mengatakan bahwa produk yang dijualnya terbuat dari bahan lokal dan harga jualnya sangat bervariatif mulai harga Rp.25.000 sampai  Rp.250.000. Jenis produk yang dijual adalah Tortila Jagung, Pisang Umbu dan Kacang Mente.

“Produknya dipasarkan dan di jual diluar Sumba seperti Medan, Batam dan Jakarta, sedangkan di SBD di jual di resto Ro’o Luwa” ungkapnya pada media. (EB),-

Baca Juga :   Melki Laka Lena Hantar Paket ULP-YHW Mendaftar di KPU Sumba Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published.