Perayaan Iduladha di Pero Dengan Anjuran Protokol Kesehatan

by -42 views
Ustad Hasbulloh (kanan) saat menyerahkan daging qurban pada personil Koramil 02/1629 SBD Serka Arsyad di masjid Babusallam Pero Kodi

Kodi-SJ……… Perayaan Hari Raya Iduladha di Masjid Babusallam Pero Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) provinsi Nusa Tenggara Timur pada  31 Juli 2020 berjalan penuh makna dan ibadahnya dengan menaati anjuran protokol kesehatan.

Demikian diungkapkan ustad Hasbulloh pada Suara Jarmas saat ditemui di Masjid  Babusallam Jumat (31/7/20) sore hari saat pembagian daging hewan qurban.

“Alhamdulilah peyaaan Idul adha berjalan dengan baik, walau kita menjalankan ibadahnya dengan menaati  protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, umat tetap khusyuk dalam menjalankan ibadahnya” tutur ustad Hasbulloh.

Lebih lanjut ustad Hasbulloh menjelaskan sekalipun Iduladha di tahun 2020 ini perayaannya di tengah pandemi covid 19 tetapi maknanya tetap sama dan tidak berkurang.

Dirinya juga berharap  semoga umat muslim menjalankan Iduladha ini dengan penuh penghayatan, serta menjaga silaturahmi baik sesama kaum muslim maupun non muslim.

“Perayaan Iduladha tahun 2020 ini jumlah  hewan kurban ada 22 ekor yang terdiri atas 5 ekor sapi 17 ekor kambing” Ustad  Hasbulloh mawakili ketua Takmir Iduladha Masjid Babusallam Pero.

Hal senada juga disampaikan oleh personil Koramil 02/1629 SBD, Serka Arsyad yang turut merayakan hari raya Iduladha dan mengamankan pelaksanaan salat Iduladha di masjid Babusallam Pero.

“Perayaannya tidak terganggu walaupun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan adanya wabah virus corona yang melanda dunia saat ini” jelasnya.

Serka Arsyad menjelaskan pelaksanaan pemotongan hewan qurban hingga pembagian daging qurban berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Dirinya juga berharap agar umat Islam di Pero dan masyarakat Kodi pada umumnya tetap mematuhi anjuran pemerintah dan anjuran protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

“Kami harap supaya umat juga menaati protokol kesehatan agar kita dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 dalam menjalankan aktifitas sehari-hari dalam penerapan new normal saat ini” tutur Serka Arsyad.

Wakil ketua MUI SBD, H. Syamsi P. Golo, ST., yang turun ke Pero untuk silaturahmi dan memantau pelaksanaan hari raya Iduladha mengapresiasi  umat Islam yang mematuhi anjuran protokol kesehatan.

H. Syamsi P. Golo (tengah kaos biru) usai menyembelih sapi sebagai hewan qurban di Pero

Dirinya berpesan makna Iduladha tidak akan berkurang dengan adanya protokol kesehatan yang harus kita jalani saat ini.

Kepada Suara Jarmas H. Syamsi P. Golo yang juga adalah wakil ketua I DPRD-SBD mensyukuri perayaan Iduladha saat ini ditengah wabah virus corona tetap berjalan baik dan lancar dengan standar protokol kesehatan.

“Kami berterima kasih pada Pemerintah Daerah SBD, TNI, Polri yang sudah membackup perayaan Iduladha kali ini sehingga berjalan dengan lancar” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua PAN SBD ini menjelaskan berdasarkan hasil koordinasi dengan tim gugus tugas percepatan penannganan corona virus disease 2019 (covid-19) SBD, dianjurkan untuk mengikuti standar protokol kesehatan. Pihaknya juga mendapat bantuan masker dan hand sanitizer yang sudah dibagikan ke semua masjid yang ada di SBD.

“Semua umat sudah kami bagikan masker, dan mereka wajib membawa sajada masing-masing. Pelaksanaan ibadah juga dibagi di beberapa titik sehingga tidak ada penumpukan umat yang beribadah” tutur H. Syamsi.

Dirinya juga mengatakan makna Iduladha adalah kewajiban untuk berbagi dengan saudara-saudara yang miskin seperti yang diteladani oleh Nabi Ibrahim ketika akan menyembelih putranya Ismail.

“Anaknya saja mau dikorbankan kenapa kita tidak bisa mengorbankan hewan atau harta yang hanya sedikit untuk memberikan kepada fakir miskin, anak yatim piatu dan janda-janda tua atau yang tidak mampu” pungkasnya. *** (Rato),-