Penguatan Kapasitas Pemerintah  Desa, LPM dan BPD

Manola-SJ,…Pelatihanpenguatankapasitasuntukpengelolaandana ADD bagiaparatpemerintahdesamerupakansuatuhal yang pentingmengingatdana ADD yang sudahbesar yang berkisarantara 700 jutahingga 1 Milyarlebihsekarangini. Dan rendahnyakemampuanSumberDayaManusiaaparatpemerintahdesadalammembuatperencanaandanpenganggarandanadesamenjadiperhatianpemerintahsekarangmulaidaritingkatkecamatanhinggatingkatpusat

PemerintahKecamatanWewewa Selatan padaKamis, 3 Agustus 2017 yang lalumenyelenggarakanpelatihandanpenguatankapasitasaparatPemdesuntukdesa Wee Wulladandesa Wee BagheTahunAnggaran 2017.

Pelatihandirasasangatperludandimulaidengandesa yang barumekar yang akandilanjutkandengandesa-desaberikutnyahinggaadanyapemahamanbagiaparatpemerintahdesamulaidarikepaladesahinggakekepaladusun, LPM dan BPD.

CamatWewewa Selatan yang dihubungi media disela-selakegiatanpelatihanmengatakankegiataninisudahsangatbagusbuataparatdesa, karenadiyakinimasihbanyakaparatdesa yang belummengetahuitugasdanfungsinyadenganbenar.

selamaini yang terjadimerekahanyamenunggudanadesacair, trusambilhonornyatetapipadadasarnyatidakmengetahuitugasdanfungsimerekaselamaini. Selamaini yang tahutentangdanadesahanyaada 3 orang yaituKepalaDesa, SekretarisDesadanBendahara, sehinggadenganpelatihaninikitaharapkanaparat-aparat yang lain jugamulaimengetahuitudasdanfungsimasing-masingdandapatmengikuti proses penyusunanperencanaandanpenganggarandanadesaujarnya.

Lebihlanjut Charles menyesalipadatahun 2017 inipencairandanadesa, asistensidanadesa, asistensirencanaanggarandanbelanjadesa, RKPDestidakmelaluikecamatansemualangsungkekabupaten. Dan untuktenagaahlidanpendampingdanadesamenghimbauhanyasebagaipendamping di desa.

Baca Juga :   FORUM MASYARAKAT ANTI KORUPSI TUNTUT BUPATI MDT DIPERIKSA

saudara-saudarapendampingdanadesadantenagaahlidarikabupatentugas kalian hanyamendampingibukansebagaiperencanadanbukansebagaipemeriksa, tetapi yang terjadiselamaini di kabupaten kalian bertindakseolah-olahpemeriksa, seolah-olahperencana, itukeliru” kata camatWewewa Selatan ini.  

Kasie PMD Wewewa Selatan, Samuel Bora Bili, S.Sos 
Kasie PMD Wewewa Selatan, Samuel Bora Bili, S.Sos 

Kasie PMD Samuel Bora Bili, S.Sosmengatakankegiatanpelatihanini  dibuatmerujukpada UU No. 6 tahun 2014 yang mewajibkansetiapaparatdesaberijasah minimal SMA,  sesuaidenganregulasitersebut  sudahdipenuhiolehdesa, tetapi yang terjadi di Wewewa Selatan aparatdesa yang ada yang barutamat SMA sehinggailmukemasyarakatannyamasihsangat minim.

darisisipengalamankemasyarakatan  merekamasihlabi, sehinggauntukpengelolaandanadesa yang besarinimerekamasihmembutuhkanpelatihandanpenguatankapasitasuntukdapatmenambahwawasandanpengetahuannyadidalammembuatperencanaanmaupunpengelolaandanadesaungkapnya.

Lebihlanjut Sam mengatakandenganpelatihaninimembantuparaaparatuntukdapatmemahamitugasdanfungsinya yang benardidalamdesa, sehinggaaparatdesatidaksalaharahdalammenjalankantugasnya.

Kegiatanpelatihanpenguatankapasitasiniakanberkelanjutan  hinggasemuadesabisadapatmendapatkanilmudanpengalaman yang samamelalui program jangkapendek, menengahdanjangkapanjang. Anggaran yang dipergunakandalamkegiataniniadalahanggaran yang dialokasikandarisetiapdesa yang inginmendapatakanpenguatankapasitas.

Peserta antusias mengikuti kegiatan
Peserta antusias mengikuti kegiatan

untuk program jangkapendekinikitamulaiduludengan 2 desa yang barumekarini, rencananya di jangkamenengahpadabulan September nanti, jikaadadesamenganggarkanakankitalanjutkanlagi, sedangkanuntukjangkapanjangnyakita target sampaidengantahun 2018 semuadesasudahbisamendapatpenguatankapasitas yang sama”.

Baca Juga :   Tatap Muka Dandim Dengan Kepala Desa Tentang Air Bersih

Adapunpelatih yang dipakaidalampenguatankapasitasaparatpemdesiniadalahtenaga-tenagaahli, pendampingdesadancamatsebagainarasumbernya.

Pantauan media inidalampelaksanaanpelatihanpenguatankapasitasini, pesertasangatantusiasdalammengikutisemuamateri yang diberikan  pelatihnya. Dari kepaladesa, sekretarisdesa, kaur-kaurhinggakadusnyasangatsenangmendapatdukungankecamatanuntukmemfasilitasiinikerenasesuaifungsinyakecamatanakanikutmengawalpenggunaandanadesa.

Kepaladesa Wee WullaYuliusMagho Naga, mengatakanpada media SJ, kegiataninisangatbermanfaatbagimerekakhususnyaaparatdesa, LPM dan BPD karenasangatmembantumerekabisamengetahuitugasdantanggungjawabmerekamasing-masing.

tidaksemuaaparatdesamengetahuitugasdantanggungjawabmasing-masing, sehinggaditahunkemarinsewaktu kami penyesuaianAPBDes, kami anggarkantentangpelatihansepertiini, sehinggamasing-masingSeksi, Kaur, LPM dan BPD bisamengetahuitugasnyamasing-masingungkapnya.

Hal yang samajugadiungkapkanolehKepalaDesa Wee BagheYuliusTamoAmamerasasangatbersyukuratasadanyakegiatan pelatihanini.

sayasangatbersyukursekalidengankegiatanini, apalagidesa kami barumekar, perangkatdesakaisemuanyabarudan kami menyadarimasihkurangpengalamandalamdesa, sehingga kami anggarkan agar semuaaparat kami maupun LPM dan BPD dapatmengikutipelatihaninikarenasangat kami butuhkanuntukmeningkatkanpengetahuan kami akanpengelolaanpemerintahandanpenganggarandanadesatuturnyapada media.

Lebihlanjutkadesinimengatakantantanganmereka di desa Wee Bagheadalahmemahamitugasdanfungsinyasebagaiaparatdesa, sehinggadenganpelatihaninidiharapkansetelahkembalinantisemuaaparatdanperangkatdesasudahdapatmemahamitugasdanfungsinya.

Baca Juga :   DAMAI HADIR UNTUK CIPTAKAN KEDAMAIAN DI SBD

Terkaitpelaksanaanpelatihan yang cumasatuharisajadapatdipahamikarenadisesuaikandengandana yang dianggarkandaridesamereka.

setelahmendapatkanpenjelasandaripelatih, kami akanlanjutkandenganmempelajarimateri yang kami dapat di desananti, danjikamasihmerasakurang kami akanselalubertanya di kecamatan yang mempunyaipengetahuanlebihdari kamidanmmepunyaitugasmengawal kamitutupnyapada SJ. (OC$),-